IPW Minta Pemprov DKI Bangun Hunian Vertikal dengan Aset BUMN

Big Banner

Indonesia Property Watch (IPW) meminta pemerintah untuk segera membangun hunian vertikal di wilayah Jakarta. Ini dilakukan mengingat jumlah populasi di ibu kota semakin meningkat dan harga lahan yang juga kian melonjak. 

“Layaknya sebuah kota besar dengan nilai tanah yang semakin tinggi, maka siap tidak siap, penduduk sebuah kota seperti di Jakarta akan tinggal di hunian vertikal atau apartemen,” ujar Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif IPW, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Ali menambahkan bahwa hunian tipe vertikal seperti apartemen adalah yang paling pas untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal para pekerja Jakarta. Namun sayangnya, masih sedikit jumlah apartemen di perkotaan yang sesuai dengan kemampuan daya beli mereka. Sehingga, tak jarang para pekerja terpaksa memilih untuk membeli rumah di daerah pinggiran yang jauh atau pun menyewa rumah.

Untuk itu, Ali meminta Pemprov DKI untuk segera melakukan pembangunan dan menyarankan pemerintah memanfaatkan aset tanah BUMN yang belum dimanfaatkan. 

Berdasarkan data IPW, terdapat sekitar Rp590 triliun atau 18 persen dari total aset BUMN yang belum dimanfaatkan atau masih memiliki permasalahan terkait legalitasnya. Dengan aset sebanyak itu, terdapat sekitar 60 ribu hektare tanah milik BUMN yang sebagiannya dapat dimanfaatkan untuk pembangunan perumahan rakyat.

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me