Menteri Basuki Kembalikan Fungsi Perumnas

Big Banner

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) akan mengembalikan peran Perum Perumahan Nasional (Perumnas) sebagai penyedia pembangunan rumah, salah satunya melalui Program Sejuta Rumah yang sebagian akan dikerjakan oleh Perumnas. Program tersebut dinilai penting untuk memberi kemudahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpu-PR) Basuki Hadimuljono mengatakan, PMN yang didapat oleh pihak Perumnas sekira Rp1 triliun untuk menangani penyediaan rumah MBR. Sehingga, Perumnas akan mendukung penuh percepatan penyediaan proyek tersebut.

“Perumnas akan kembali ke khitahnya, pasti MBR tahun ini berbeda dengan 40 tahun lalu. Kalau dulu Perumnas pionering pengembangan kawasan, di Tanjung Manik, Semarang bagian selatan, itu pasti kalau dibangun perumahan mewah sangat mahal sekali,” ujar Basuki, di Jakarta, Rabu (11/3/2015).

Lebih lanjut Basuki menilai sejak 1998 hingga 2000 dukungan pemerintah berkurang terhadap Perumnas. Sehingga dalam masa pemerintahan ini, pihaknya akan mendorong kembali Perumnas sesuai perannya.

“(Pada) 40 tahun kemudian dengan pasang-surutnya akan kita support kembali karena sejak 1998 dukungan pemerintah berkurang. Kita support lagi untuk Program Satu Juta Rumah ini,” imbuh dia.

Menurutnya, bila ada kegiatan yang mendesak terhadap Program Sejuta Rumah ini yang sejalan dengan pembaharuan PP 15 tentang Perumnas. Dalam perbaruan peraturan itu, peran Perumnas juga diproyeksikan untuk menjadi pengelola perumahan sesuai aturan yang berlaku.

“Terakhir PP 15 2004 soal Perumnas akan dilakukan Perumnas diberi kesempatan untuk jadi landbank. Kegiatan usahanya landbank,tapi nanti pasti akan kita berikan tanah PU yang idol akan diserahkan kepada Perumnas sesuai aturan yang ada untuk dikembangkan,” jelas dia.

“Kedua, dia juga akan jadi pengelola perumahan umum, properti manajemen, pengembangan kawasan siap bangun, lingkungan siap bangun, dan kawasan siap bangun kalau dikelola Perumnas. Dan, ia juga jadi national housing development itu yang akan bisa dilakukan Perumnas nantinya dari revisi, jadi tidak hanya support finansial tapi bussines oportunity,” tandasnya.

(mrt)

property.okezone.com