Ini Wajib Dibaca Keluarga Muda Pemilik Rumah Tipe 36 atau 45

Big Banner

 

Orang memilih rumah berukuran kecil, tipe 36 atau 45 kebanyakan disebabkan oleh dua alasan utama. Pertama, karena kemampuan finansial dan yang kedua karena pertimbangan praktis, agar tidak merepotkan dalam perawatannya. Bagi Anda pasangan muda, kedua alasan ini boleh jadi masuk di dalam list Anda.  Satu hal yang pasti, seminimalis apapun kebutuhan Anda akan hunian, semua pasti mendambakan suasana ruang yang nyaman, lega dan terkesan lapang.

1. Desain arsitektur

Rumah kecil akan tampak semakin kecil jika dibangun dengan desain bergaya tertentu. Desain arsitektur bergaya klasik, mediteranian dan gotik adalah beberapa contoh yang akan membuat kesan rumah kecil Anda semakin sempit. 

2. Plafon tinggi

Bayangkan jika tinggal di rumah tipe 36 atau 45 dengan plafon yang  rendah, Anda mungkin akan merasa sumpek dan tidak nyaman. Plafon yang ditinggikan langsung memberikan kesan lega dan nyaman, meski ruang Anda berada berukuran kecil.

3. Void pada titik tengah

Void lebih sering Anda jumpai di rumah berlantai 2 namun rekayasa void juga bisa Anda terapkan di rumah kecil berlantai satu. Caranya dengan merancang plafon tinggi terlebih dahulu, setelah itu berikan ruang kosong yang menjulang ke atas di antara plafon. 

4. Pilihan warna

Umumnya warna terang dan cerah akan memberikan kesan lapang. Putih adalah warna yang paling ideal jika Anda ingin memberikan kesan lapang pada ruang sempit di rumah Anda. Jika ingin menambah aksen cantik, berikan gradasi dengan warna yang teduh seperti hijau, cokelat muda, biru dan abu-abu. 

5. Pencahayaan alami

Seperti warna, pencahayaan juga cepat sekali memberi sugesti pada manusia akan sempit lapangnya sebuah ruang. Pilihan pertama adalah pencahayaan alami dengan sinar matahari. Pastinya ini akan lebih terasa siang hari, karena kesan sempit maupun lapang, kurang terasa di malam hari.

6. Ruang yang berantakan tidak teratur

Singkirkan tumpukan kertas dan majalah atau koran yang sering Anda biarkan di bawah meja tamu. Selain membuat pemandangan jadi rusak, ruang yang berantakan pun akan menambah kesan sempit dan sumpek.

7. Organisir pernak-pernik kecil pada tempatnya

Organisasikan semua barang yang tidak selalu terpakai dan tempatkan pada penampungan khusus, jika lemari terlampau besar dan semakin mempersempit ruang. Carilah meja yang memiliki kolom penyimpanan di bawahnya.

8. Pintu geser

Bukaan pintu rumah membutuhkan ruang yang signifikan. Anda harus selalu mengosongkan space itu untuk daun pintu. Coba gunakan model pintu geser. Tapi usahakan daun pintu yang digeser jangan terlampau lebar. Jika lebar, buatkan dalam dua bagian satu digeser ke kiri dan satu lagi ke kanan.

9. Ruang multifungsi

Jika rumah Anda berukuran kecil, jangan ciptakan banyak sekat karena sekat itu akan membatasi ruang pandang Anda dan membuat kesan kecil dan sempit semakin kental. Ruang makan, ruang rekreasi dan ruang keluarga bisa Anda satukan dalam sebuah space yang lebih luas di salah satu sisi rumah.

10.  Pilih hiasan dinding dengan motif vertikal

Anda pasti butuh hiasan dinding untuk mempercantik ruang. Apalagi jika keluarga muda Anda sudah dikaruniai anak yang butuh warna-warni untuk merangsang daya kreatifnya. Pilihlah hiasan yang bermotif vertikal, bukan horisontal.

Punya rumah kecil tidak perlu membuat Anda seolah terampas dari mimpi kenyamanan di dalam rumah. Kreasi-kreasi seperti diutarakan di atas, akan membuat kenyamanan tetap menjadi milik Anda, di rumah milik Anda sendiri, kendatipun rumah Anda hanya bertipe 36 atau 45.

Foto: Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me