Tabungan Uang Muka Untungkan Konsumen dan Developer

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Masakah uang muka atau depe yang kerap menjadi kendala seseorang untuk membeli rumah dicarikan jalan keluar oleh kalangan perbankan. Salah satunya Bank BTN dengan meluncurkan Tabungan Perumahan Uang Muka (TPUM). Produk yang diluncurkan akhir tahun 2014 lalu ini dapat menjadi solusi bagi konsumen dan developer.

Ilustrasi

Ilustrasi

Paling tidak ada tiga keuntungan dari produk ini.  Bagi konsumen dengan sistem tabungan uang muka yang dibayarkan menjadi ringan dibanding cicilan bertahap kepada developer. Selain itu apabila tidak jadi membeli rumah uangnya tetap aman dan bisa ditarik.

“Sedangkan bagi developer, tabungan ini bisa dijadikan share untuk mendapatkan kredit konstruksi dari kami,” ujar Direktur Utama Bank BTN, Maryono, kepada housing-estate.com di Jakarta, Senin (16/3).

Jadi tabungan ini akan menguntungkan bagi konsumen dan developer, tentu developernya harus bekerja sama dengan Bank BTN. Selain itu, konsumen juga bisa mendapatkan unit lebih awal karena sudah ada kepastian mengenai pendanaan rumah dari tabungannya. Artinya, setelah uang mukanya lunas, tabungan ini akan berlanjut untuk membayar cicilan rumahnya.

“Jadi dengan tabungan ini daya tariknya menjadi lebih banyak. Developer juga bisa mengumpulkan konsumennya lebih banyak dan menawarkan program pembelian rumah yang lebih menarik dengan produk tabungan ini. Nantinya, tabungan ini juga akan di-link, misalnya ke toko bahan bangunan sehingga bisa dapat harga diskon, juga di-link ke asuransi,” imbuhnya.

Pangsa pasar Bank BTN untuk pembiayaan properti secara nasional mencapai 27 persen. Dengan kebutuhan perumahan setiap tahun yang cukup tinggi (800 ribu unit per tahun) selain memenuhi backlog perumahan yang mencapai 13,5 juta, sektor pembiayaan perumahan masih menjanjikan potensi yang sangat besar.

“Produk-produk seperti ini kami luncurkan untuk tetap bisa mempertahankan pangsa pasar KPR kami. Dengan program sejuta rumah dari pemerintah, kesempatan yang bisa diraih memang sangat besar, apa lagi hingga saat ini BTN tetap yang paling unggul dari sisi infrastruktur KPR di seluruh pelosok Indonesia,” tandas Maryono.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me