Begini Cara Mendekorasi Meja Makan

Big Banner

JAKARTA, KOMPAS.com – Meja makan termasuk komponen utama di dalam rumah karena di tempat inilah berlangsung interaksi akrab antarpenghuni keluarga. Meja makan pun tak sekadar menjadi tempat bersantap, melainkan juga membahas urusan di luar kudapan dan lidah.

Nah, selain meja berbentuk kotak yang lazim kita temui di rumah-rumah keluarga Indoensia, meja makan bundar juga cukup diminati karena sangat pas jika diletakkan di tengah ruangan. Apa pun bentuk mejanya, untuk membangkitkan selera makan, perlu ada dekorasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Desainer floral Andy Djati Utomo mengatakan, sebelum mendesain, penghuni harus memahami konsep yang akan diusung saat mendekorasi meja makan.

“Jamuan makannya seperti apa, untuk berapa orang, informal atau formal, menunya apa,” ujar Andy di ruang pamer Prodotti, Mampang, Jakarta, Selasa (17/3/2015).

Dia kemudian menjelaskan betapa pentingnya aspek-aspek tersebut. Namun, seringkali para desainer terlalu bersemangat sehingga tidak mampu menghasilkan karya interior yang representatif, mewakili kebutuhan, dan keinginan klien. Sehingga seluruh aspek tersebut malah terlupakan.

Andy mencontohkan, pada meja makan bertema spring atau musim semi, cocok diterapkan dua warna utama yaitu kuning dan hijau. Tema ini, menurut dia, cukup menantang mengingat di Indonesia tidak ada musim semi.

“Material yang dipakai, sengaja saya impor khusus untuk mengetengahkan tema spring,” kata Andy.

Tulip, menurut Andy, salah satu material tanaman yang didatangkan dari Belanda. Bunga ini mencerminkan musim semi karena pada awalnya hanya tumbuh pada musim tersebut. Berbeda pada saat ini, dengan sistem pembibitan, tulip bisa tumbuh kapan saja.

Selain tulip, Andy juga mendatangkan curly willow untuk memberi kesan musim semi di meja makan. Tanaman ini sebenarnya bisa tumbuh pada musim dingin, namun tidak dilengkapi daun.

Tidak lupa Andy pun menambahkan tumbuhan dari Indonesia, untuk tetap mengusung kekayaan dari dalam negeri.

“Dari Indonesia saya tambahkan anggrek dan terong susu,” jelas Andy.

Khusus terong susu, sangat cocok jika diletakkan di meja makan karena makanan lebih awet bahkan sampai kurun waktu sebulan.

Selain bunga, desain flora juga mencakup batang, daun, akar, ranting, biji, buah dan bibit. Untuk itu, pada tema musim semi ini, Andy juga menempatkan buah-buahan seperti lemon dan apel berwarna kuning dan hijau.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me