Prospek Cerah Properti di Mamminasata

Big Banner

MAKASSAR–Pertumbuhan kebutuhan rumah di Makassar terus meningkat. Ketua program studi Magister Manajemen Perkotaan Universitas Hasanuddin, Slamet Trisutomo mengatakan perkembangan pesat properti Makassar akan mengarah ke Maminasata.

“Terkait dengan tata ruang,” kata Slamet pada acara ngobrol bareng Tempo dengan tema prospek penjualan properti sesuai dengan regulasi Bank Indonesia di Atrium Mal Ratu Indah Makassar, Rabu 27 Maret 2013.

Menurut Slamet, berdasarkan Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2011 tentang rencana tata ruang kawasan perkotaan Makassar, Maros, Sungguminasa, dan Takalar (Mamminasata) menjadi kesatuan. “Akan membentuk kawasan metropolitan dan menjadi jejaring kuat karena akan didukung infrastruktur terutama jalan,” katanya.

Adanya dukungan infrastruktur ini, kata Slamet seharusnya bisa menjadi daya tarik bagi investor atau pengembang untuk menempatkan perumahannya di daerah tersebut. Apalagi rencana dibangunnya rel kereta api monorel di daerah Maminasata dapat menjadi prospek yang bagus bagi para pengembang.

Hal senada disampaikan Gusti Rizal Eka, Deputi Direktur BI wilayah I . Konsep Maminasata, kata Gusti, yang mengambil contoh dari Jabodetabek seharusnya dapat menjadi acuan pengembang membangun tata ruang berbasis kawasan sesuai RTRW. “Masih menemui berbagai kendala karena belum terwujudnya keterpaduan dan sinergi berbagai sumber daya pembangunan perumahan,” ujarnya.

INDAH ELZA PUTRI

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me