Sempat Ditolak, Sejoli Gedung Ini Akhirnya Disetujui

Big Banner

KOMPAS.com – Menara kembar rancangan Elenberg Fraser di Jalan 380 Lonsdale, Melbourne, Australia, ini telah disetujui oleh Menteri Perencanaan Victoria Richard Wynne.

Gedung yang terletak di ujung utara Lonsdale Street, awalnya adalah sebuah bangunan berlantai 4. Namun, setelah dibeli oleh pengembang yang terdaftar di Singapura, Hiap Hoe, Elenberg Fraser dirancang ulang menjadi proyek multifungsi senilai 240 juta dollar AS (Rp 3,2 triliun).

Proyek ini ditandai dengan gedung yang lebih tinggi dari sebelumnya yaitu 44 meter. Kawasan ini juga akan memiliki lebih banyak fungsi daripada bangunan aslinya.

Proposal yang diajukan terdiri dari dua menara, salah satunya setinggi 51 lantai dan lainnya 67 lantai. Menara ini akan mencakup apartemen, hotel, dan ritel di lantai dasar.

Sementara fasilitasnya mencakup ruang fitnes, yoga untuk tamu hotel, kolam renang besar, area makan, dan area barbeque luar ruang untuk penghuni.

Bertujuan untuk mempertahankan lebar menara dari desain awal proyek sebelumnya, arsitek telah merancang fasad gedung seperti riak air yang berjalan antara kedua menara.

“Usulan revisi bangunan landmark dengan kualitas arsitektur tinggi, berlokasi di sebuah situs terkemuka dalam kota. Proyek ini telah dirancang sedemikian rupa untuk menghormati karakter daerah dan properti sekitarnya. Kami berharap, bisa memberikan kontribusi penting untuk pembaruan perkotaan,” kata Wynne.

Pengumuman persetujuan ini dibuat dalam sebuah konferensi Dewan Properti Australia, dan ditandai oleh 100 hari pemerintahan baru. Meskipun ‘Buruh anti hutan menara’ menolak ketinggian bangunan, Wynne mengatakan proyek baru ini adalah contoh pembangunan yang baik.

“Selalu ada tempat untuk gedung tinggi di kota tapi desain yang baik harus menjadi inti dari gedung itu,” tandas Wynne.

properti.kompas.com