BRI Manado Bangun 200 Rumah KPR Bersubsidi

Big Banner

Manado – Bank Rakyat Indonesia (BRI) Manado menargetkan membangun 200 unit kredit perumahan rakyat (KPR) bersubsidi di wilayah kerjanya.

“Pembiayaan KPR bersubsidi mulai dilaksanakan tahun ini, guna menunjang program pemerintah membangun ribuan rumah untuk masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal,” kata Kepala Sentra Kredit Konsumer BRI Wilayah Manado, Sumarno, di Manado, Rabu (18/3).

Sumarno mengatakan KPR bersubsidi atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) oleh BRI tersebar di seluruh wilayah kerja yakni Manado, Palu dan Ternate. “Dan, yang paling banyak akan dibangun di Kota Manado,” jelasnya.

KPR bersubsidi tersebut, kata Sumarno, diberikan untuk rumah tipe 36 dengan kisaran harga sebesar Rp 116,000,000 per unit. Perumahan bersubsidi tersebut, lanjut dia, akan bekerja sama dengan developer di Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kabupaten Minahasa Selatan.

“Sampai saat ini yang sudah akad kredit lumayan banyak, hal ini menandakan antusias warga Sulut memiliki rumah cukup tinggi,” jelasnya.

Area Sales Manager SKK Manado, Gladys Sepang mengatakan, dengan adanya FLPP di BRI diharapkan bisa memberikan bantuan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah untuk dapat memiliki rumah.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga dapat menikmati cicilan bulanan yang sangat murah dan tetap sampai lunas 15 tahun sekitar Rp 1 jutaan setiap bulannya.

Pemerintah membantu rakyat menghuni rumah layak lewat berbagai regulasi, salah satunya mendorong pihak pengembang untuk menyediakan rumah tapak sederhana atau rumah susun.

Pemerintah memberikan program subsidi untuk rakyat dengan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). Margin FLPP untuk rumah bersubsidi dipatok 7,25 persen.

Kepemilikan rumah sederhana dengan program pemerintah tidak terkena peraturan loan to value (LTV) 30 persen. Peran pemerintah disini adalah meningkatkan kemampuan beli masyarakat untuk memiliki rumah dengan cara KPR.

“Aturan ini diharapkan dapat mendorong suplai rumah-rumah sederhana atau rumah susun di pasaran,” katanya.

Penulis: /FER

Sumber:Antara

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me