Pembangunan Jabodetabek Belum Terintegrasi Sejak 1966

Big Banner

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Republik Indonesia Ferry Mursyidan Baldan menyayangkan masalah pembangunan di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) belum terintegrasi. Padahal, konsep tersebut sudah ada sejak 1966. 

“Saya ingin menggugah kesadaran kita tentang ini. Sebagai bangsa harus punya rasa malu. Gagasan sudah ada sejak (tahun) 66,” ujar Menteri Ferry, seperti informasi yang diterima Rumahku.com. 

Selama ini, rencana pembangunan Jabodetabek ?yang terintegrasi selalu gagal di tengah jalan karena banyak pihak yang menganggap pembangunan wilayah hanyalah proyek terpisah. Padahal sudah banyak peraturan, kerjasama, perjanjian dan pertemuan untuk membahas tata ruang Jabodetabek. 

Untuk itu Menteri Ferrry berharap semua pihak mengubah sudut pandangnya mengenai kota Jakarta sebagai kota besar dengan melupakan kota-kota penunjang di sekitarnya yang juga penting untuk dibangun.  

Selain itu, ia juga ingin membentuk badan khusus yang menangani tata ruang Jabodetabek secara terperinci dan agar setiap kebijakan pemimpin kabupaten dan kota dapat saling berkontribusi kepada daerah lainnya, bukan malah terpisah-pisah.

 

rumahku.com