Ditinggal Adik, Alim Markus Kendalikan Alumindo

Big Banner

TEMPO.CO, Surabaya – Presiden Direktur Maspion Grup Alim Markus mengatakan, dirinya kini memegang kendali PT Alumndo Light Metal Industry (ALMI) setelah sang adik, Alim Satria beralih menekuni bisnis perumahan. Semula Alim Satria adalah executive managing director di perusahaan penghasil alumunium sheet dan alumunium foil kualitas ekspor tersebut.

“Adik saya ingin pindah ke bisnis properti perumahan. Ya itu pilihan dia, saya tidak berhak melarang,” kata Alim Markus sesuai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan Public Expose ALMI di Hotel Somerset Surabaya, Kamis sore, 20 Juni 2013.

Alim Satria tidak hadir dalam RUPS anak perusahaan PT Maspion Tbk itu. Alim Markus mengatakan, dia bersikap demokratis terhadap pilihan adik-adiknya yang saat ini memegang jabatan penting di Maspion. “Bila ada adik saya yang ingin mencari suasana baru dan tak ingin selamanya di Maspion, silakan. Itu pilihan,” kata taipan asal Surabaya itu.

Setelah ditinggal Alim Satria, Alim Markus mengaku pelan-pelan mulai mengambilalih perusahaan metal yang 90 persen produknya diekspor ke Amerika Serikat itu. Namun Alim Markus mengaku tak ingin selamanya merangkap jabatan. “Saya mulai menua, sudah 47 tahun mengurusi Maspion. Suatu saat harus diganti yang muda-muda,” kata pengusaha yang terkenal dengan jargon ‘cintailah produk-produk Indonesia’ itu.

Selama dipegang Alim Satria, ALMI membukukan hasil penjualan yang positif. Meskipun harga alumunium internasional turun (berdasarkan London Metal Exchange – LME) sebesar 15 persen, yaitu dari rata-rata USD 2.398 per tin pada 2011 menjadi USD 2.020 per ton pada 2012, nilai penjualan ALMI masih tetap menunjukkan tren bertahan. “Demikian juga pada triwulan pertama 2013, ALMI mampu mencatatkan nilai penjualan sebesar Rp 789 miliar,” kata Alim Markus.

KUKUH S WIBOWO

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me