Anggaran Bulanan Sering Jebol, Lakukan Ini

Big Banner

JAKARTA – Dalam membangun rumah tangga, sudah pasti membutuhkan pengelolaan keuangan secara baik dan benar. Akan menjadi sebuah musibah dalam keluarga, apabila anda sama sekali tidak memperhatikan keadaan keuangan dalam rumah tangga anda. Barangkali waktu ini anda mempunyai pendapatan yang mengagumkan besar, hingga anda tak akan pikirkan statistik keuangan dalam rumah tangga anda.

Agar keuangan rumah tangga Anda dapat terkontrol, mulailah memperhatikan keadaan keuangan rumah tangga anda. Hal ini akan dapat berguna bagi anda saat ini untuk melakukan perbaikan-perbaikan atau pun untuk membuat sistem laporan keuangan rumah tangga agar tidak ada anggaran yang jebol. Namun, jika tak ingin mengulang jebolnya anggaran, apa yang harus dilakukan?

“Pertama, Anda harus tahu terlebih dahulu membuat pos-posnya seperti pembayaran listrik, telpon, menabung, sekolah anak, dan lain-lain. Kedua, sebisa mungkin hemat pengeluaran apapun yang bisa dihemat,” kata Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini kepada Okezone, Minggu (15/3/2015).

Mike mencontohkan, penghematan dalam hal-hal konsumtif itu bisa dilakukan dengan cara mengurangi makan di luar, atau mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Dan yang paling penting adalah jangan lupa menyisihkan 30 persen penghasilan Anda untuk menabung.

“Pokoknya menabung itu paling penting. Sisanya fokus cari duit agar anggaran tidak jebol. Hindari utang, patuh pada anggaran yang sudah dibikin, sisanya ya cukup engga cukup itu harus cukup,” tutup dia.

(mfa)

property.okezone.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me