Apartemen Ini Punya Lima Ruang Publik di Ketinggian

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Tinggal di apartemen tidak harus menjadi individualis. Sulit bersosialisasi dengan tetangga, karena kurang atau bahkan tidak ada area publik yang bisa digunakan bersama. Inilah yang ingin didobrak oleh Perkins+Will, sebuah biro berbasis di New York, dengan memberikan konsep baru sebuah ruang publik di apartemen.

Perkins Apartment

Perkins Apartment

Tidak seperti apartemen lain di New York, di mana taman dan fasilitas dikelompokkan di bawah, atas atau tengah gedung, atau hanya sekadar balkon di tiap unit, di apartemen ini ruang terbuka publik itu dikonsolidasikan dengan lantai-lantai gedung dalam ukuran yang sama. Wujudnya, gedung setinggi 65 lantai ini seperti teriris di lima bagian oleh taman.

Ruang hijau publik itu memiliki sejumlah elemen pokok layaknya taman kota di area horisontal. Isi ruang publik itu, antara lain ruang serba guna, studio yoga, jacuzi terbuka, fitness room, bioskop terbuka, kolam renang dan taman-taman dengan tanah berundak-undak.

Konsep unik ini ditawarkan oleh Perkins+Will, mengingat tapak apartemen ini cukup sempit. Bangunannya menjulang langsing seperti pensil. Keberadaan ruang publik itu dimaksudkan untuk mendorong terbentuknya sebuah komunitas urban walau tinggal di gedung jangkung. Hal tersebut membuat proyek yang dikembangkan oleh Nef, pengembang asal Turki, meraih penghargaan  the Architectural Review MIPIM Future Project Awards 2015 untuk kategori gedung tinggi.

“Ini adalah contoh elegan dari sebuah ide cemerlang sebuah gedung tinggi. Desainnya berhasil merangkum semua permintaan klien serta mengadakan elemen-elemen kenyamanan yang sekaligus berfungsi sebagai pemecah angin di mana area publik tersebut menjadi lebih tinggi dua kali lipat,” papar dewan juri tentang alasan gedung ini menjadi juara.

Gedung ini belum punya nama resmi dan baru dilabeli sesuai alamatnya di jantung Manhattan, the East 37th Street Residential Tower. Mempunyai ketinggian 213 meter, luas total bangunan hampir 14.000 m2. Seluruh gedung berlapis kaca dengan pengikat dari bahan baja, kecuali pada taman-taman tadi yang dibuat semi terbuka di keempat sisinya.

Strukturnya terbuat dari gabungan baja dan beton, membuat denah ruang bisa lebih fleksibel dan mengurangi ketebalan dinding boks elevator hingga 50 persen. Selain itu, kata Robert Goodwin, FAIA, Design Director Perkins+Will untuk kantor New York, kombinasi bahan itu membuat kebutuhan kolom-kolom sudut juga berkurang dan sambungan baja lebih ramping.

Bagi biro arsitek yang sudah berdiri sejak tahun 1935 itu, penghargaan MIPIM Future Project Awards tersebut adalah yang ketiga kalinya. Dua gedung lain yang juga meraih kategori serupa adalah proyek Sail Tower hotel and residential di Jeddah, Saudi Arabia tahun 2009 dan the Al-Birr Foundation Headquarters di Riyadh, Saudi Arabia tahun 2010.

(Sumber: Perkins+Will)

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me