Unik, Gedung Berbentuk Tornado untuk Pemburu Badai dan Wartawan Cuaca

Big Banner

KOMPAS.com — Perusahaan arsitektur asal Oklahoma bernama Kinslow, Keith & Todd merancang gedung unik yang merepresentasikan visi sebagai pusat riset data cuaca, badai, sekaligus berfungsi sebagai bar dan ruang pertemuan.

Gedung jangkung ikonis ini berbentuk seperti tornado di atas garasi parkir Tulsa, Oklahoma, Amerika Serikat. Strukturnya menjulang dan melintir sehingga dijuluki “Tornado Alley”. Di sinilah, para pemburu badai, atau periset yang mengikuti tornado, serta stasiun penyiaran saluran televisi lokal dan wartawan cuaca akan diberikan pelatihan secara komprehensif.

Sang arsitek mendesain Oklahoma Weather Museum & Research Center sebagai bangunan ramah lingkungan. Hal ini terlihat dari pencahayaan alami yang memanfaatkan sinar matahari agar seluruh bangunan terlihat seperti berputar lambat saat pengendara lewat.

Kinslow, Keith & Todd membawa desain tersebut setelah diminta oleh majalah Tulsa People untuk mengeksplorasi cara meremajakan wilayah pusat kota di Amerika Serikat ini.

“Konsep ini dimulai sebagai cara untuk mendapatkan restoran berputar di lokasi yang cukup tinggi agar bisa dilihat dari pusat kota, Sungai Arkansas, dan bukit Osage. Seiring perancangan, kami menemukan metode bagaimana membuat bangunan ini lebih menarik daripada hanya terpacu pada restoran tersebut,” ujar Co-founder Kinslow, Keith & Todd, Andrew Kinslow.

“Tornado Alley” diciptakan setinggi 90 meter, dengan menempati area di atas gudang dua lantai peninggalan era 1920. Lokasinya berada pada jarak aman dari wilayah atraksi turis lokal, BOK Center dan Cox Business Center.

Eksterior bangunan akan dibuat dari campuran kaca dan logam berlubang. Atap rumputnya diproyeksi menjadi taman bagi rumput dan tumbuhan asli Oklahoma.

Sayangnya, hingga kini, para arsitek tersebut belum memiliki sponsor untuk merealisasikan gagasannya. Meski demikian, mereka telah didekati oleh beberapa pengembang yang ingin menambahkan rumah dan kantor ke dalam desain Tornado Alley.

Kinslow, Keith, & Todd sendiri berharap dapat berkolaborasi dengan konsultan ilmu pengetahuan dan teknologi, Kerry John, yang juga telah mengeksplorasi ide museum cuaca di Oklahoma.

“Sejak artikel orisinal diterbitkan di majalah Tulsa People, telah terjadi penambahan aktivitas dalam jumlah besar. Tak tahu, apa yang akan terjadi pada esok hari,” tambah Kinslow.


properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me