Pasar Properti Bakal kembali Booming

Big Banner

PROPERTI – Setelah sempat mengalami perlambatan selama sekitar satu semester, pasar properti kembali melaju. Tanda-tandanya mulai terasa sejak awal Agustus 2014. Banyak calon investor yang mulai memberanikan diri mengambil sikap.

Sebelumnya, mayoritas investor hanya melihat dan menunggu. Namun, setelah Mahkamah Konstitusi menentukan pemenang pilpres, barulah terasa. Telepon terus berdering. Meski banyak yang sekadar basa-basi, tetapi bisa dibilang antusias pasar perlahan meningkat,” ucap Anthony, principal Casaterra Property Sunter. Dia pun sangat yakin, selambat-lambatnya hingga akhir 2014, kondisi pasar properti akan kembali normal. Asalkan, gejolak politik yang terjadi di kalangan elite dapat diminimalisasi. Hingga, tercipta suasana yang aman dan nyaman untuk berinvestasi.

Bagaimanapun, lanjut dia, properti merupakan kebutuhan pokok dan ladang investasi yang paling menguntungkan. Itu sebabnya, pada 2015, pasar properti diprediksi akan kembali booming. Terlebih, bila pemerintah mampu merumuskan kebijakan-kebijakan yang pro terhadap laju properti. Misalnya, membuka keran bagi warga asing yang ingin memiliki properti di Indonesia.

Selama ini, masih berupa wacana. Saya yakin, bila keran itu dibuka laju permintaan properti akan semakin bergeliat. Bahkan, melebihi masa-masa booming properti pada 2009 hingga 2013,” ungkap dia. Apalagi, bila pemerintah bisa lebih bijaksana dalam aturan LTV. Dapat dipastikan, harga properti tidak lagi tersendat seperti saat ini. Pasalnya, tidak semua investor memakai uang tunai. Masih banyak yang mengandalkan fasilitas kredit.

Contohnya, di kawasan Sunter, Jakarta Utara. Harga properti sudah sulit bergerak naik karena sudah terlalu mahal. Harga tanah saja sudah mencapai Rp 30-35 juta per meter persegi. Belum lagi ruko. Harga termahalnya bisa mencapai lebih dari Rp 12 miliar. “Pun begitu, saya tetap yakin, pada 2015, harga akan kembali naik. Prosentasinya saya tidak bisa prediksi. Intinya, selama kebijakan yang diterapkan menunjang, kenaikannya bakal signifikan,” pungkasnya.

infonitas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me