Jababeka Bangun Hunian Khusus Lansia

Big Banner

BEKASI – PT Jababeka Longlife City, perusahaan patungan antara PT Jababeka, Tbk, dengan perusahaan asal Jepang, Long Life Holding Co.,Ltd, meresmikan pengoperasian hunian khusus untuk orang lanjut usia (lansia), yaitu Senior Living @D’Khayangan, Kota Jababeka, Cikarang, pada Kamis, 25 September 2014. Tampak hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu dalam acara peresmian hunian ini.

Kawasan hunian yang berdiri di atas lahan seluas delapan hektare ini mulai dikerjakan pada Februari 2013. Longlife City Holding Co., Ltd, akan bertindak sebagai operator dalam pengoperasian hunian khusus lansia ini.

Presiden Direktur PT Jababeka, Tbk, SD Darmono mengatakan, dalam era industrialisasi yang terjadi di Indonesia membuat pasangan muda tidak punya waktu untuk mengurus orangtuanya yang telah berusia lanjut. Sesuai dengan tagline-nya, PT Jababeka selalu berinovasi untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat Indonesia.

“Oleh sebab itu, kami menghadirkan Senior Living @D’Khayangan sebagai sebuah unit hunian bagi para lansia yang dilengkapi dengan beragam fasilitas, di antaranya pelayanan restoran, ruang konsultasi, terapi dan aktivitas, salon, spa, karaoke dan sebagainya. Sehingga, para lansia yang menghuni di sini menjalani dan menikmati hidup sehat serta menyenangkan,” jelas Darmono.

Lebih lanjut Darmono menjelaskan, proyek hunian lansia ini menelan investasi sebesar Rp 850 miliar. Ia mengatakan, dalam kawasan ini terdapat seribu unit hunian terdiri dari jenis apartemen dan vila yang dapat menampung 400 lansia berusia di atas 60 tahun.

Sementara itu, Direktur PT Jababeka Longlife City, Marlin Marpaung manambahkan, untuk bisa tinggal di hunian khusus ini, para lansia dikenakan ‘lifetime membership’ dengan tarif mulai Rp1,8 miliar untuk hunian apartemen, hingga lebih dari Rp 2 miliar untuk vila.

“Membership ini berlaku seumur hidup, dan sudah termasuk biaya hidup seperti makan, serta konsultasi serta pemeriksaan kesehatan sehari dua kali. Hingga awal Oktober mendatang, hunian ini baru menampung 40 orang lansia, tetapi kami menargetkan 400 lansia dalam satu atau dua tahun ke depan,” ujar Marlin.

Sedangkan, Direktur Long Life Holding, Co.,Ltd, Kitamura Masami memaparkan, perusahaan yang dikelolanya ini telah berdiri sejak 1985, dan telah beroperasi di Jepang, Tiongkok, dan Korea.

’’Di Jepang sendiri, kami telah mengelola 20 lokasi dengan total karyawan 20 ribu. Namun, untuk Senior Living @D’Khayangan di Jababeka, kami berikan fasilitas kelas satu dengan standar Jepang,” pungkas Kitamura.

infonitas.com