Tujuh Insentif Bagi Pelaku Pasar Segera Dikeluarkan

Big Banner

Jakarta mpi-update.”Pemerintah akan mengeluarkan insentif pada pelaku pasar, upaya menjaga inflasi dan bagian dari reformasi struktural perekonomian”. Kata Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil dalam konferensi pers di kantor presiden, Senin (16/3).

Hal itu disampaikan usai rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi).  Tujuh inisiatif yang akan segera diberlakukan itu adalah; pemberian tax allowance untuk perusahaan yang melakukan investasi di Indonesia, perusahaan yang menciptakan lapangan kerja kemudian perusahaan yang berorientasi ekspor. Selain itu perusahaan yang melakukan riset dan pengembangan di Indonesia.

Kedua, pemerintah memberikan insentif PPN kepada industri galangan kapal dan beberapa industri yang prioritas seperti pertanian.  Ketiga, pemerintah melakukan kebijakan antidumping.

“Mengenakan bea masuk antidumping sementara dan bea masuk tindak pengamanan sementara terhadap produk industri impor yang unfair trade,” kata Sofyan lagi. Hal ini dilakukan dalam rangka melindungi industri dalam negeri. Namun Sofyan menjamin agar tidak ada industri yang terganggu dengan kebijakan tersebut.

Keempat, pemerintah juga mengumumkan kebijakan bebas visa kunjungan singkat wisatawan mancanegara. Hari ini diputuskan pemberian bebas visa bagi 30 negara di Asia Pasifik, Eropa dan Timur Tengah sehingga Indonesia sudah memberikan pembebasan visa turis ke 45 negara untuk menggenjot jumlah wisatawan mancanegara.

Kelima, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral mengeluarkan peraturan menteri untuk mewajibkan penggunaan biofuel sampai dengan 15 persen. “Implikasi ekonominya besar, mengurangi impor solar cukup besar,” kata menko tersebut.

Keenam, pemerintah juga melakukan penerapan letter of credit (LC) untuk produk sumber daya alam yaitu tambang, batu bara, migas, CPO. “Intinya adalah peraturan LC ini kita ciptakan dan kita definisikan sedemikian rupa tidak menciptakan distorsi. Jadi tidak usah khawatir misalkan kontrak long term karena kena LC kemudian akan dipotong kontraknya lantas harga akan turun, itu tidak akan terjadi,” katanya.

Ketujuh, pemerintah lakukan restrukturisasi dan revitalisasi industri reasuransi domestik. Pemerintah mulai memperkenalkan reasuransi BUMN yaitu penggabungan dua perusahaan reasuransi yang selama ini relatif kecil menjadi sebuah perusahaan reasuransi nasional kita.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me