The Ning King  (1 dari 7 Orang Terkaya di Industri Properti)

Big Banner

Total Kekayaan US$650 Juta. Forbes Indonesia # 46 Orang Terkaya di Indonesia 2014 # 45 Orang Terkaya di Indonesia 2013 (US$650 Juta).

Majalah Properti Indonesia edisi (cetak) Maret 2015 menurunkan laporan Utama tentang 7 orang terkaya di industri properti di Indonesia. Satu di antaranya adalah The Ning King.

The Ning King (84 tahun) adalah salah satu pengusaha papan atas di Indonesia. Pemilik pabrik tekstil Argo Pantes,  melalui PT Argo Manunggal mengontrol lebih dari 30 perusahaan termasuk  PT Tangerang Fajar Industrial Estate, PT Manunggal Prime Development and PT Argo Manungggal Land Development  merupakan pemegang saham terbesar Alam Sutera dan Bekasi Industrial Estate.

Alam Sutera mulanya adalah perusahaan  keluarga Harjanto Tirtohadiguno.  Berdiri tahun 1973 dengan nama PT Alfa Goldland Realty  sekaligus menjadi nama proyek pertama di bisnis properti, perumahan Taman Alfa Indah,  di Jakarta Barat.

Sukses di Taman Alfa Indah,  lalu mendapat hak pengembangan lahan di Serpong Tangerang, Banten saat kawasan itu masih berupa hutan belantara, pohon karet dan lapangan ilalang.

Tahun 1994 sekitar 1.100 unit hunian terjual dalam waktu dua minggu. Alam Sutera memiliki aset  Rp 16,3 triliun hingga triwulan III/2014. Pendapatan pada triwulan tersebut Rp 2,8 tiriliun.

Pada 18 Desember 2007 resmi menjadi perusahaan modern dan terbuka  setelah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia sekaligus mensejajarkan diri bersama sederet pengembang papan atas di Indonesia yang memfokuskan kegiatan usahanya dalam pembangunan dan pengelolaan perumahan, kawasan komersial, kawasan industri, dan pengelolaan pusat perbelanjaan, pusat rekreasi dan perhotelan serta pengembangan kawasan terpadu.

Di PT Bekasi Fajar Industrial Estate The Ningkin dan keluarga masih menjadi pemegang mayoritas 64%  saham.  Sampai triwulan III 2014 lalu memiliki aset sekitar Rp 1,1 triliun dengan pendapatan pada periode tersebut Rp 496 miliar.

Perusahaan dengan kode BEST di pasar modal  didirikan pada tanggal 24 Agustus 1989, Bersama dengan Marubeni Corporation (Jepang), Perseroan membentuk perusahaan patungan dengan nama PT Megalopolis Manunggal Industrial  Development (“MMID”), mengembangkan dan merintis kawasan industri di daerah Cikarang Barat, Bekasi, yang dikenal dengan Kota Industri MM2100 (“MM2100”).

BEST fokus menyediakan kavling siap bangun untuk kebutuhan industri yang dilengkapi  berbagai infrastruktur dan fasilitas lainnya. Membangun dan mengelola sarana dan prasarana meliputi pelayanan kepada penghuni kawasan industri, mulai dari  mengelola sampah, keamanan, pemeliharaan lingkungan, pelayanan dan pemeliharaan setiap fasilitas umum serta infrastruktur, jalan-jalan utama dan pendukung, dll. (Mada Gandhi)

 

mpi-update.com