Andy K. Natanael Figur di Balik Agresifitas Grup Modernland

Big Banner

Ia adalah figur di balik suksenya pemasaran sejumlah proyek properti Modernland Group. Bertangan dingin berhasil menjadikan emiten properti tersebut meraih pertumbuhan kinerja paling kinclong sepanjang 2014. Andy K Natanael adalah Managing Director Urban Development PT Modernland Realty Tbk. dan President Director PT Mitra Sindo Sukses.

Majalah Properti Indonesia mewawancarainya belum lama untuk rubrik Figur. Ia membuka rahasia bagaimana taktik menjual produk-produk properti yang ludes hanya dalam hitungan jam. Hingga Akhir 2014, PT Modernland Realty Tbk, berhasil membukukan penjualan Rp3,4 triliun atau 90% dari target yang ditetapkan. Perlu dicatat tahun 2014 bukanlah tahun yang mudah. Terjadi perlambatan pertumbuhan bisnis properti dipengaruhi oleh berbagai hal.

Sepanjang Januari hingga Oktober 2013 lalu, PT Modernland Realty Tbk. (MDLN) meraih marketing sales sebesar Rp1,7 triliun. Pertumbuhan sales revenue, laba dan kapitalisasi pasar dalam beberapa tahun belakangan ini memang cukup mengesankan.

PT Modernland Realty Tbk. masuk dalam daftar peringkat 5 besar “Fastest Growing Company” (perusahaan dengan pertumbuhan kinerja paling baik) versi majalah Fortune Indonesia pada tahun 2013 dan menduduki peringkat 1 pada tahun 2014.

Bersinarnya kinerja PT Modernland Realty Tbk. tidak lepas dari peran Andy K. Natanael. Sarjana Ekonomi lulusan Universitas Tarumanagara, Jakarta, ini terbilang tokoh kunci di balik kesuksesan pemasaran produk-produk properti di PT Modernland Realty Tbk.

Sebelum bergabung dengan Modernland Realty 2010 Andy kerap juga dijuluki ”Si Pemasar Properti Super Cepat” . Ia berpengalaman sejak 1990 dalam menjual produk properti. Pernah bergabung di Sinarmas Group, Summarecon dan Paramount. Pehobi olahraga golf ini awalnya tidak berniat menjadi pemasar. Cita-citanya justru menjadi arsitek. Namun, menurut apa yang dikatakan pamannya yang seorang arsitek, bahwa Andy tidak memiliki bakat di arsitek.

Baginya, marketing adalah bidang yang dinamis. “Marketing itu ujung tombak. Setiap produk, industri apapun dalam dunia bisnis pasti membutuhkan marketing. Sukses dan tidak suksesnya suatu bisnis itu tergantung dari marketing. Saya tertarik sekali di dunia marketing, karena jika kita berhasil di dunia marketing, maka kita akan menjadi sangat luar biasa. Ini menjadi tantangan buat saya,” Katanya

Prestasi pertama di dunia marketing properti saat ikut memasarkan apartemen di Surabaya pada tahun 1991. Ia bersama timnya sukses memasarkan 4 tower apartemen dalam dua hari. Padahal targetnya hanya 1 tower.

Banyak faktor yang membuatnya sukses sehingga mendapatkan berbagai penghargaan. Dari Majalah Properti Indonesia, Ia dianugerahi marketing terbaik berjuluk “The Inspiring Marketer”, lewat anugerah Properti Indonesia Award (PIA) 2014. Tahun lalu, Ia meraih penghargaan “Innovative Property Marketer” pada HousingEstate Green Property Awards (GPA) 2013. Di tahun yang sama, Andy juga meraih penghargaan sebagai “Pemasar Properti Profesional Terbaik” dari Majalah Property & Bank.

Pria murah senyum ini memang dikenal sebagai pekerja keras. Andy juga menerapkan 3F dalam bekerja yakni Fokus, Fight dan Faith. ”Awalnya kita harus fokus dengan apa yang kita kerjakan, lalu berjuang atau berusaha pada apa yang sudah kita fokuskan. Dan kita harus faith atau yakin bahwa kita akan berhasil,” kata Andy yang mengaku mendapatkan rumus tersebut dari pendeta.

Andy juga menjalankan prinsip hidupnya yakni 3C. Pertama, Cheng Li yang artinya tidak mau untung sendiri, harus fair terhadap partner, owner dan pembeli. Kedua, Chin Cai yakni rela, ikhlas, menerima, dan tidak hitung-hitungan. Ketiga, Chuan yang artinya untung. ”Saya selalu menempatkan Chuan paling akhir.

Beberapa terobosan dalam pemasaran properti juga dilakukan Andy, seperti menggunakan antrian undian dan Nomor Urut Pendaftaran (NUP) calon pembeli. Selain itu, Ia juga menjalin hubungan baik dengan para agen properti. Ia tidak se segan memberikan berbagai hadiah kepada agen properti yang berhasil memasarkan produk yang dipasarkan. Sementara di bidang organisasi, dirinya sangat aktif di Real Estate Indonesia (REI) sebagai wakil ketua bidang pendidikan dan latihan DPP REI. YS

mpi-update.com