Upaya Atasi Kemacetan Cibubur akan Punya Monorail

Big Banner

Jakarta, mpi-update. Cibubur dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi akan memilikii monorai. Pemerintah menilai perlu menambah monorail setelah membuka underpass 2012 ternyata belum mampu mengatasi kemacetan.

Setelah mengkaji kepadatan laluli-lintas di kawasan itu, Kementerian Perhubungan sedang bersiap membangun monorail Cawang-Cibubur-Bekasi. Pembangunan proyek monorel yang digarap oleh konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dikoorinasikan oleh PT. Adhi Karya Tbk (ADHI) yang beranggotakan PT Inka, PT LEN, PT Jasa Marga, dan PT Telkom dengan menelan dana Rp 7 triliun ini. Proyek ini akan dimulai pada April 2015 dan diperkirakan rampung pada 2018.

Pembangunan monorel yang diluncurkan di era Presiden SBY dengan nama Jakarta Link Transportation (JLT) itu, nantinya akan melintasi tepian Kalimalang, Bekasi, atau sejajar dengan jalur tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu).

Moda ini juga akan terkoneksi dengan moda transpotasi di Jakarta seperti bus Transjakarta yang akan memudahkan masyarakat menjangkau daerah di Jakarta. Tahap pertama pengerjaan monorel, konsorsium akan membangun dua stasiun di Bekasi Barat dan Bekasi Timur dilengkapi area parkir kendaraan pribadi agar masyarakat beralih ke moda trasnportasi massal.

Menurut Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan kepada majalah Properti Indonesia, pihaknya sudah merancang tempat parkir yang cukup luas untuk bisa menampung kendaraan warga yang berdomisili di Bekasi dan Bogor yang akan menggunakan monorail menuju Jakarta.

Rencananya, tempat parkir tersebut akan berada di Bekasi Timur dan Cibubur atau lokasi stasiun pemberangkatan Monorail Jakarta. Nantinya, kendaraan pribadi milik masyarakat Bekasi yang bekerja di Jakarta akan ditampung di stasiun keberangkatan Monorail di Bekasi Timur. Sedangkan untuk masyarakat Bogor yang menggunakan kendaraan bisa menggunakan Monorail ketika keluar dari pintu tol Cibubur. HS

 

mpi-update.com