Perumnas akan Difokuskan untuk Sukseskan Misi Pemerintah

Big Banner

Bogor mpi-update. “Saya akan kembalikan Perumnas ini kepada tujuan awal untuk mengurusi rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Dan, ini misi pemerintah sektor perumahan kita kedepan,”

Demikian Menteri Pekerjaan Umum –Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuldjono , di Bogor, Kamis (27/11). Ia menilai Saat ini Perumnas tidak ada bedanya dengan pengembang atau developer lainnya.

Upaya ini dilakukan untuk menghilangkan keraguan masyarakat soal penggabungan Kementerian Pekerjaan Umum dengan Kementerian Perumahan Rakyat. Pemerintah akan memfokuskan Perumnas dalam rangka menyediakan hunian yang terjangkau bagi masyarakat.

Basuki mengatakan, kebutuhan hunian untuk masyarakat MBR ini masih sangat tinggi dengan backlog yang mencapai angka 13,5 juta unit. Kawasan kumuh juga katanya masih tinggi, termasuk di dalamnya masalah sanitasi.

“Karena itu salah satu tugas Perumnas nanti adalah menyediakan perumahan terjangkau bagi masyarakat. Jangan seperti sekarang ini, Perumnas enggak ada bedanya dengan pengembang lain seperti APG, Summarecon dan pengembang komersil lainnya,” kata dia.

Soal pembiayaan Basuki melanjutkan sedang membicarakan soal pembiayaan dan juga tugas Perumnas bersama Meneg BUMN. Sehingga Perumnas lebih fokus untuk menyediakan hunian bagi MBR sebagai misi pemerintah.

“Daripada kita bentuk lembaga baru dan tujuannya juga nanti hampir sama, kenapa kita tidak menggunakan Perumnas sesuai dengan tujuan awal dan ini lebih efektif,” kata dia.

Menyinggung Perumnas sudah terlanjur bekerjasama dengan pengembang swasta, katanya, hal itu tidak menjadi persoalan. “Bila Perumnas masih ada kerjasmaa dengan pihak lain, silahkan saja, tidak ada masalah dan tetap jalan. Tetapi, untuk kedepannya, Perumnas akan menjalankan misinya untuk menyediakan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” jelasnya.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me