REI: Rumah Bersubsidi Ideal Naik 15%-20% Dampak BBM

Big Banner

Jakarta, mpi-update. DPP Real Estat Indonesia (RE) mendesak pemerintah menaikkan harga rumah bersubsidi sebesar 15%-20%. sementara kenaikan bahan material bangunan saat ini mencapai 12,5% – 20% dampak dari kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Wakil Sekjen DPP REI Tri Wediyanto di Malang Senin (24/11) mengatakan “Kalau harga rumah bersubsidi tidak dinaikkan, maka pengembang akan merugi,” katanya. Mereka akan enggan menyediakan rumah tapak. tetapi lebih senang menyediakan rumah menengah atas di mana harganya ditentukan mekanisme pasar.

Kendati demikian ia menilai fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) cukup memberikan semangat bagi pengembang untuk terus menyediakan rumah tapak sederhana. Ditambah lagi pemerintah berjanji memangkas sejumlah perizinan yang tidak perlu.

Seperti Izin-izin yang tidak terlalu vital nantinya cukup diselesaikan di tingkat kecamatan, tidak perlu ditangani di tingkat kota/kabupaten. Pengalihan ini katanya perlu dibarengi pengawasan yang ketat guna menghindari pungutan liar.

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me