Ishak Chandra Siap Manfaatkan ‘Bonus Demografi Indonesia’

Big Banner

Jakarta, mpi-update. Sepuluh hingga dua puluh tahun mendatang, Indonesia akan mengalami fase bonus demografi, yaitu peluang yang bisa dinikmati suatu negara dikarenakan besarnya proporsi penduduk produktif (rentang usia 15-64 tahun) dalam evolusi kependudukan yang dialaminya.

Ishak Chandra, Managing Director Sinarmas Land, belum lama ini merasa  optimis perusahaannya mampu memanfaatkan peluang tersebut. Bonus demografi katanya akan mempengaruhi iklim industri di Indonesia, tak terkecuali properti. Ia memperkirakan kondisi ini tak hanya terjadi sampai 2030 seperti yang banyak diproyeksi banyak orang.

“Indonesia dari struktur piramida penduduk adalah piramida yang sempurna. Semakin ke bawah semakin besar. Ditambah lagi growth dari populasi yang lumayan kencang. Karena itu, saya memperkirakan, durasi bonus demografi ini nantinya bisa lebih panjang,” ujar Ishak.

Dilihat dari kebutuhan perumahan di Indonesia, setiap tahun selalu terjadi backlog atau kekurangan suplai. “Memang benar itu terjadi bukan di kota utama, tapi backlog tetap ada bahkan sampai 800 ribu setiap tahunnya. Pertumbuhan kelas menengah yang standing power tinggi otomatis  membutuhkan tempat tinggal juga sebagai investasi,” katanya.

Pada kondisi ini merupakan peluang (bagi developer) yang bisa berkompetisi, kreatif dan inovatif. Sebaliknya, akan menjadi ancaman bagi yang tidak mampu berkompetisi dalam produk-produknya, karena developer asing juga akan masuk ke Indonesia melalui masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Menurut Ishak, Sinarmas Land cukup excited melihat hal ini. Sebab sesuai visinya, target Sinarmas Land bukan lagi menjadi developer terbesar di Indonesia namun menjadi leading developer. Hal ini bisa dilihat dari beberapa portofolio perusahaan yang tidak hanya ada di Indonesia namun juga di luar Indonesia.

“Dilihat dari strategi, visi, bisnis model, portofolio produk, serta struktur company yang kita jalankan saat ini layaknya global company. Dan memang tujuan kita ke depan adalah menjadi global company,” papar Ishak. (Riz)

 

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me