Jokowi Targetkan Pembangunan Rusun Hingga Rp 5 Triliun

Big Banner

Jakarta – Gebrakan Gubernur Joko Widodo ternyata tidak main-main, Jokowi sapaan dia tengah merencanakan pembangunan ratusan tower rumah susun (rusun) di kawasan Jakarta hingga beberapa tahun ke depan.

“Kita tidak ingin kayak tahun kemarin cuma empat rusun, ga ada efek apa-apa, bangun itu langsung 100 rusun, 300 rusun, di dua tempat aja ga usah berceceran dimana-mana,” ujarnya di Balai Kota, Selasa sore.

Terobosan mantan Walikota Solo ini bukan tanpa alasan, menumpuknya titik perkampungan kumpuh di Jakarta menjadi Jokowi iri pada penataan penduduk di kota besar dunia lainnya. “Proses besar seperti ini kan memberikan pengaruh, kalo kecil-kecil gak kelihatan, saya liat di negara lain cara bermainny seperti itu.” kata dia.

Dalam prosesnya ia bakal menyiapkan satu kawasan khusus seluas 100 hektar yang diperuntukan pembangunan fasilitas rusun secara terpadu, mulai hunian, hingga fasilitas penunjang lainnya seperti sekolah, pasar, pusat kesehatan.

“Kalau satu kawasan gampang mengelolanya. Menyiapkan fasilitas airnya, trayek transportasinya, rumah sakitnya, sekolanya juga lebih mudah,” kata dia. “Coba kalau berceceran nyiapin sekolahnya bingung, Rusun sama penataan kampung kita itu berbeda,”.

Menurutnya pembangunan satu proyek besar bagi masyarakat lebih penting daripada hanya memfokuskan pembangunan dalam skala kecil. “Lebih bagus menggarap itu yang besar sekalian tapi trencana, terkonsep, dilaksanakan, diawasi dan nanti akan kelihatan manfaatnya,” ujarnya.

Untuk merealisasikan proyek tersebut. Lembaganya tengah menghitung berapa buget yang dibutuhkan untuk melakukan pembangunan ratusan tower rusun itu.”Ini baru kita hitung, mau saya konsentrasi ke sna, kalau 300 rusun katakanlah kali Rp 18 (miliar), kira-kira Rp 5 T (Triliun),” ujarnya.

Selama proses berlangsung, Ia berharap semua elemen masyarakat bersabar terhadap rencana perubahan yang tengah ia siapkan saat ini, sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat. “Banyak orang bertanya-tanya, mana barangnya. Itu yang repot kita,” ujarnya.

Kedepannya, kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini optimis dengan segunung anggaran belanja DKI tahun ini, semua proyek besar infrastruktur bagi masyarakat seperti rusun bisa segera dilangsungkan.

“Percayalah hanya diratain gede kecil gak ngefek, DKI itu anggarannya ketutup gede betul,” kata dia. “Kita dapatkan anggaran langsung lebih gede dan disiapkan untuk menyelesaikan masalah.”

JAYADI SUPRIADIN

properti.tempo.co

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me