Lima Langkah Agar Tak Salah Menata Ruang Tamu

Big Banner

Ruang tamu merupakan salah satu bagian memiliki peran penting pada rumah. Untuk menerima tamu atau berkumpul bersama keluarga tentunya Anda menggunakan ruangan ini. Walau memiliki ruang tamu dengan ukuran yang minimalis, Anda dapat membuatnya menjadi nyaman.

Penataan Ruang tamu ada baiknya memang di tata dengan rapi juga sesuai dengan gaya desain rumahnya, hal ini dikarenakan ruang tamu adalah penentu dan kesan pertama dari penilaian rumah secara keseluruhan. Dengan penataan yang tepat, tamu atau keluarga akan merasa betah dan kerasan ketika berkumpul.Berikut ini beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam penataan ruang tamu seperti yang dilansir dari Huffingtonpost.com.

Anda boleh menggunakan konsep simpel dan sederhana pada ruang tamu Anda. Minimaliskan barang-barang yang tidak begitu diperlukan, tapi jangan sampai membuat Anda menyingkirkan meja dari ruangan ini. Dengan tidak adanya meja pada ruang tamu malah membuat ruangan menjadi tidak fungsional. Anda akan kesulitan menaruh suguhan pada tamu bila tidak ada meja.

Anda dapat menghias ruang tamu dengan lukisan dinding atau benda seni lainnya. Hanya saja jangan suguhkan terlalu banyak hiasan pada ruang tamu. Pajangan yang  terlalu padat malah membuat ruangan terasa sempit dan mengganggu kenyamanan tamu.

Anda dapat menggunakan karpet pada ruang tamu. Apabila ruang tamu Anda kecil, jangan gunakan karpet yang terlalu besar. Hal ini dapat membuat ruangan terlihat semakin kecil. Apabila ruang tamu cukup besar, jangan gunakan karpet yang terlalu kecil, karena dapat membuat ruangan terkesan kosong dan tidak seimbang.

Setiap ruangan pada ruangan tentunya memerlukan pencahayaan. Untuk ruang tamu hindari penggunaan penerang ruangan yang terlalu terang. Ruangan yang terlalu silau dapat mengganggu kenyaman dari tamu. Berikan pencahayaan yang teduh.

Keseimbangan warna pada ruang tamu merupakan hal yang perlu diperhatikan. Jangan biarkan dinding, sofa, meja, dan kursi memiliki warna yang senada. Hal ini membuat ruangan terkesan kaku. Padukan beberapa warna pada ruangan ini, agar terkesan nyaman dan enak dipandang.

Editor: Ferdinand Lamak / Foto: Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me