Bermain Psikologi Ruang Pada Interior Loft

Big Banner

Interior ruang diciptakan memiliki dimensi fisik dan efek psikologis yang menyamankan.

Housing-Estate.com, Jakarta – Konsep hunian vertikal saat ini tidak terbatas hanya satu lantai per unit, tapi bisa terdiri dari dua lantai. Konsep apartemen dua lantai yang sering distilahkan sebagai loft itu merupakan upaya menawarkan kenyamanan bertempat tinggal seperti layaknya di rumah tapak (landed house). Satu8 Residence garapan PT Karya Cipta Sukses Selaras di Kedoya, Jakarta Barat, salah satu yang mencoba memasarkan unit apartemen berkonseploft . “Kita nggak lagi berpikir meter persegi (luas) tapi volume karena ada dua lantai,” kata Pingki Elka Pangestu, Komisaris PT Karya Cipta Sukses Selaras.

Bermain Psikologi Ruang Pada Interior Loft

Semua unit yang ditawarkan berkonsep loft dan seluruh lantai difungsikan untuk hunian. Ada dua pilihan tipe: dua kamar (105- 146 m2) dan tiga kamar (173-202 m2). Kisaran harganya Rp2,5–4,5 miliar/unit. Penjualan sejak Oktober 2012 sudah terserap 70 persen dari total 168 unit yang dipasarkan. Ia mengakui, konsep loft yang termasuk baru di Indonesia agak berisiko sulit diterima pasar di Jakarta Barat. Ceruk pasar yang dibidiknya adalah para eksekutif atau profesional muda dan orang tua mapan. ”Karakteristik orang di Barat (Jakarta) itu peka terhadap nilai uang, jadi sangat pemilih dan agak susah menerima konsep-konsep baru,” jelas arsitek dan perencana kota lulusan Universitas Sydney (Australia) ini.

Arsitektur apartemen dua menara di atas lahan 5.700 m2 ini dirancang konsultan lokal Aboday (Jakarta). Desainnya mengakomodasi privasi penghuni dengan posisi setiap unit apartemen tidak saling berhadapan dan memiliki pandangan ke luar di dua sisi. Desain interiornya dipercayakan pada konsultan asing Aplusee Design Studio (Boston dan New York, Amerika Serikat). Penekanan desain mengacu pada gaya hidup perkotaan yang memerlukan ruang-ruang terencana secara efisien. Setiap meter persegi dimanfaatkan semaksimal mungkin. Jendela kaca besar dan plafon tinggi pada setiap unit membuat tampilan ruang terlihat lapang dan terbuka. Berikut detail interior unit contoh tipe dua kamar. |

Dimensi Ganda. Perasaan ruang dan pandangan yang menyatu antara lantai bawah dan atas diperlukan dalam tatanan apartemen loft untuk meningkatkan kenyamanan. Ruang-ruang diciptakan memiliki dimensi ganda: fisik dan psikologis. Di antaranya area tangga dirancang terbuka di bagian bawah, sedangkan menuju lantai atas dikelilingi lapisan cermin untuk tetap merefleksikan suasana ruang dari bawah ke atas. Di sisi void dirancang jendela kaca besar yang terpasang menerus dari lantai bawah hingga atas untuk menampilkan kesatuan pandangan ke arah luar. Sinar matahari yang menembus jendela kaca juga menghasilkan efek terang dan lapang pada ruang. Begitu pula balkon luar yang dipisahkan dengan pembatas kaca transparan, secara fisik dan psikologis memberi efek meluas bagi ruang keluarga di lantai bawah.

Bermain Psikologi Ruang Pada Interior Loft

Fleksibel. Seni dari ruang terbatas adalah fleksibilitas. Tatanan ruang-ruang di unit apartemen ini dirancang fleksibel untuk memenuhi berbagai kebutuhan hunian. Di samping pintu masuk terdapat area servis yang berisi kamar mandi, tempat mesin cuci, dan area kosong yang bisa dimanfaatkan untuk tempat tidur atau gudang. Area dapur, ruang makan, dan ruang keluarga secara fisik menyatu tanpa penyekat untuk menciptakan kesan lapang.

Rancangan meja bar yang memanjang di area makan terlihat menjadi semacam transisi antara dapur dan ruang keluarga. Antara ruang keluarga dan ruang kerja yang terletak berseberangan, memiliki pembatas berupa lemari pajang yang bisa digeser ke depan atau belakang. Jika lemari dimundurkan, ruang keluarga bertambah luas. Sebaliknya ketika lemari dimajukan akan terbentuk lorong yang memberi privasi bagi ruang kerja. Ruang kerja juga bisa dialih-fungsikan menjadi kamar tidur.

Sumber: Majalah HousingEstate

Dapatkan Majalah HousingEstate di toko buku atau agen terdekat. (Lihat: Daftar Retailer) atau Unduh versi digitalnya WayangForce, Scoop & Scanie.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me