Pembangunan Rel Kereta Api Kalimantan Butuh Rp23 Triliun

Big Banner

Pemerintah akan membangun jalur kereta api lintas provinsi se-Kalimantan sepanjang 2.000 kilometer dan diperkirakan membutuhkan anggaran mencapai Rp23 triliun. Saat ini Kementerian Perhubungan (Kemhub) telah menyiapkan Rp9 trilun untuk tahapan pertama pembangunan. 

“Dana sebesar Rp9 triliun disediakan untuk studi kelayakan, pembebasan lahan dan sisanya memulai pembangunan tahap pertama jalur Palangka Raya, Kalimantan Tengah, menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan,” ujar Hermanto Dwiatmoko, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, seperti informasi yang diterima Rumahku.com

Namun Hermanto menambahkan, kemungkinan dana dapat lebih dari Rp23 triliun mengingat struktur tanah di Kalimantan yang sebagian besar bergambut sehingga membutuhkan konstruksi khusus, dan tentu saja berbeda dengan konstruksi yang di Jawa. 

Selain itu, Hermanto menjelaskan bahwa kecepatan kereta api tersebut nantinya sekitar 200 kilometer per jam dan dapat menarik beban hingga 30 ton untuk satu gerbongnya. Rencananya, pembangunan jalurnya akan dimulai pada 2017 mendatang, serta selesai dalam lima tahun.

 

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me