Smart City Bakal Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Big Banner

Menteri Pembangunan dan Perencanaan (PPN) atau Bappenas Andrinof Chaniago mengatakan, pembangunan Smart City atau Kota Cerdas tidak cukup hanya membangun manusianya saja.

Andrinof menilai, Kota Cerdas merupakan kota yang tata kelolanya terus menerus meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat yang menetap di kota tersebut.

“Bukan hanya manusia, tetapi juga masyarakatnya,” kata Andrinof saat acara Peluncuran Indeks Kota Cerdas Indonesia 2015 di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (24/3).

Andrinof mengatakan, pemerintah terus memperhatikan indikator menuju kota cerdas dan yang membuat kualitas kehidupannya pun ikut meningkat. Hal itu juga bisa dilihat dari tata kelola pemerintahannya yang smart.

“Sistem transportasinya smart, tata kelola pemerintahannya smart, pengelolaan lingkungannya smart. Dan sebagainya.? Ujung-ujungnya harus bisa mencapai sasaran manusia dan masyarakat.” Tambahnya.

Oleh karena itu, lanjut Andrinof, pencapaian smart city juga tidak hanya membangun manusia saja, melainkan membangun masyarakat.

“Manusianya cerdas tapi tidak bermasyarakat, bermasyarakatnya tidak enak. Suasana ruang publiknya tidak enak. Gap sosialnya tinggi, kepatuhan terhadap aturan tata kotanya rendah. Maka jadi lah kota yang semerawut,” pungkasnya. (as/okezone)

ciputraentrepreneurship.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me