5 Hal Tentang Kulkas yang Harus Diketahui

Big Banner

Sebagian besar dari Anda pastinya menyimpan makanan atau minuman di dalam lemari pendingin atau kulkas agar lebih tahan lama. Kulkas memang membuat aktifitas belanja menjadi lebih efisien. Anda dapat membeli cadangan untuk beberapa hari ke depan dan menyimpannya ke dalam kulkas.

Namun, Anda harus menggunakan kulkas secara baik dan benar. Penggunaan kulkas yang tidak tepat malah dapat membuat makanan cepat busuk dan tidak aman untuk di konsumsi. Berikut ini beberapa hal yang harus diketahui tentang penggunaan kulkas.

Jangan terlalu penuh.

Anda dapat memperkirakan bahan makanan yang diperlukan untuk beberapa waktu ke depan. Jangan simpan makanan terlalu banyak hingga lemari es menjadi sangat padat. Kulkas yang terlalu padat tidak memiliki sirkulasi udara untuk menjaga makanan lebih lama.

 Menutup pintu.

Pada pintu lemari es terdapat bahan khusus, sehingga ketika pintu tertutup maka suhu dingin di dalam kulkas tidak akan keluar. Selalu tinggalkan kulkas dalam keadaan tertutup agar suhunya dapat terjaha dan udara dingin di dalamnya dapat mempertahankan keawetan makanan.

Sesuaikan suhu

Jangan buat suhu di dalam kulkas terlalu dingin ketika tidak terisi oleh banyak makanan atau minuman. Suhu yang terlalu dingin tentunya lebih boros listrik dan berpengaruh pada kualitas makanan. Jadi, sesuaikan suhu di dalam kulkas.

Jaga kebersihan kulkas

Kulkas yang kotor tentunya menjadi bakteri. Makanan dan minuman yang tercecer di dalam kulkas kemudian hanya dibersihkan seadanya dapat menjadi sarang bakteri yang berbahaya. Hal ini membuat makanan yang disimpan di dalamnya menjadi berbahaya untuk di konsumsi. Maka Anda harus menjaga kulkas selalu dalam keadaan yang bersih.

Jangan simpan makanan yang panas

Bila Anda ingin menyimpan makanan ke dalam kulkas pastikan tidak dalam keadaan panas. Memasukan makanan ke dalam kulkas tidak hanya membuat menjadi cepat dingin, tetapi juga membuat bakteri berkembang biak secara pesat disana. Hal ini berbahaya bagi makanan lain yang disimpan di dalamnya.

Demikian hal-hal yang harus diperhatikan seputar kulkas. Penggunaan kulkas yang tidak tepat malah akan berbahaya bagi makanan serta membuat kulkas menjadi cepat rusak. Gunakalah sesuai dengan kebutuhan agar kulkas dapat menjaga kualitas makanan yang disimpan di dalamnya.

Editor: Ferdinand Lamak / Foto: Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me