Singapura, Kota Ternyaman Di Dunia

Big Banner

Tahukah kita bahwa Singapura tadinya merupakan kota pelabuhan kecil? Kalau kita melihat Singapura sekarang mungkin kita tak akan percaya bahwa pada awalnya Singapura hanyalah kota kecil yang sederhana.

Dengan perencanaan yang matang serta desain inovatif perkotaan maka Singapura dibangun dengan memfokuskan pada pembangunan infrastruktur, sarana sanitasi, saluran air untuk dikonsumsi dan lahan-lahan bagi ruang hijau terbuka atau taman-taman kota.

Tak hanya itu, Lee Kwan Yew juga membentuk suatu badan yang disebut Badan Perumahan Nasional atau lebih dikenal dengan nama Housing Development Board. Bersama organisasi ini maka pemerintah Singapura memulai kerja kerasnya dalam menjadikan Singapura sebagai negara kota dengan tingkat kenyamanan tertinggi di dunia berjajar dengan beberapa kota di belahan dunia lainnya.

Strategi pembangunan dituangkan dalam satu perencanaan yang terintegrasi, urban design guidelines dimana didalamnya dipaparkan sangat detail terkait pembangunan jalan, fasilitas umum, pasar, sekolah, rumah sakit, kampus dan tempat-tempat vital lainnya.

Badan Perumahan Nasional Singapura juga memiliki peran yang berarti dalam menjaga stabilitas harga produk perumahan. Keberhasilan badan ini tidak tanggung-tanggung yaitu menjadikan 90,5 persen rakyat Singapura dapat memiliki rumah. Demikianlah data yang dirilis pada tahun 2013. Selain itu, juga berhasil menggenjot percepatan pembangunan ruang kota.

Singapura juga berhasil ditata begitu rupa dan menghilangkan kawasan kumuh dengan melakukan pemindahan pada warganya ke tempat tinggal yang lebih layak di blok apartemen sederhana namun bersih dan modern.

 

Tara/VMN/VBN/Journalist-Vibiz Research Center

Editor: Tania Tobing

vibiznews.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me