BTN Biayai KPR Subsidi Hingga Kabupaten-Kota

Big Banner

Manado – Bank Tabungan Negara (BTN) membiayai kredit perumahan rakyat (KPR) bersubsidi hingga kabupaten dan kota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Pemberian kredit perumahan hingga kabupaten dan kota sebagai upaya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat memiliki rumah,” kata Kepala cabang BTN Manado, Syariffudin Harahap, di Manado, Kamis (12/3).

Dia mengatakan, pengembangan KPR bersubsidi di Sulut saat ini paling banyak di Kabupaten Minahasa Utara, Kota Bitung, kabupaten Minahasa Selatan, Kota Manado dan Kota Kotamobagu.

“BTN hanya menjalankan regulasi pemerintah untuk memberikan kemudahan masyarakat memiliki rumah sesuai dengan program pusat,” jelasnya.

Saat ini, BTN Manado bekerja sama dengan 20-an pengembang yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota tersebut.

Bank Tabungan Negara Manado tahun 2015 menargetkan untuk menyalurkan kredit bagi pembangunan 1,000 unit rumah bersubsidi tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara.

“Kami menargetkan pembiayaan 1,000 unit rumah bersubsidi dibangun tahun 2015, sehingga masyarakat yang berpenghasilan rendah bisa menikmati tempat tinggal yang nyaman,” katanya.

Harga rumah bersubsidi tersebut rata-rata Rp 100,000,000 per unit, dan diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat berpenghasilan rendah yakni maksimal Rp 4,000,000 per bulan,” katanya.

Selain berpenghasilan rendah, masyarakat yang nantinya mendapatkan perumahan bersubsidi tersebut belum pernah memiliki rumah atau pembiayaan yang sama.

Mulai 1 Maret 2015, BTN meluncurkan program khusus kredit pemilikan rumah (KPR) dengan uang muka satu persen yang diharapkan dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah.

Dia mengatakan program ini diharapkan dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang terkendala dalam menyiapkan uang muka untuk membeli rumah melalui fasilitas kredit.

“Untuk saat ini, pemberlakuan uang muka satu persen, diprioritaskan bagi pemohon rumah susun milik (rusunami) di perkotaan,” katanya.

Program baru ini untuk mendukung program sejuta rumah yang dicanangkan pemerintah,” jelasnya.

Penulis: /FER

Sumber:Antara

beritasatu.com