Enam Tips Memilih Agen Properti yang Tepat

Big Banner

Jakarta – Menaksir harga yang lebih tinggi dalam menjual properti adalah trik lama yang digunakan para agen real estate. Hal ini dilakukan agar orang yang ingin menjual properti akan terkesan dengan angka yang besar, dan kemudian memilih agen tersebut dibanding kompetitornya yang lain. Namun harga properti yang berlebihan ini akan membuat properti ini berada di pasaran berbulan-bulan, sementara pemilik rumah kehilangan uang.

Praktek yang dikenal sebagai menjual sebuah listing ini hanya satu dari sekian trik yang digunakan para agen real estate yang ingin menarik perhatian kliennya. Para pencari rumah yang cerdas akan bisa mengetahui bagaimana melihat trik marketing ini dan melihat para broker yang benar-benar berniat menjualkan properti mereka.

Portal properti Lamudi merilis sejumlah tips untuk membantu para penjual rumah dalam memilih agen real estate yang tepat untuk memenuhi kebutuhan mereka dan berhasil membuat properti tersebut terjual.

1. Siapkan Interview

Jangan memperlakukan pertemuan pertama dengan agen properti sebagai pembicaraan yang santai. Perlakukanlah pertemuan tersebut sebagaimana Anda melakukan interview pekerjaan, dengan si agen sebagai pencari posisi nya sementara Anda yang memegang keputusan finalnya. Miliki pertanyaan spesifik yang bisa mencari tahu pengalaman dan sejarah penjualan mereka, serta bagaimana mereka beroperasi. Bicaralah paling tidak dengan tiga orang sebelum Anda membuat keputusan final.

2. Cari Tahu Profil

Sekarang ini, profil online seseorang bisa memberi Anda banyak informasi tentang bagaimana orang tersebut bekerja. Dari website dan akun sosial media mereka, termasuk Facebook dan Twitter, Anda bisa mendapat gambaran bagaimana cara mereka bekerja. Lakukan pencarian cepat akan berita tentang mereka maupun kantor agensinya. Yang paling penting, lihat bagaimana cara mereka memasarkan online dan seefektif apa cara mereka dalam mencari potensial pembeli.

3. Lihat Reputasi

Saat mencari agen real estate yang bisa dipercaya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah reputasi mereka, lisensi dan penghargaan lain yang telah dimiliki oleh kantor agensi tersebut. Beberapa kantor agen ternama biasanya mempunyai website perusahaan dimana mereka memuat alamat kantor resmi dan agen-agen berprestasi. Ini dapat Anda jadikan acuan dalam memilih agen terpercaya.

4. Minta Referensi

Baik pembeli maupun penjual seharusnya meminta referensi tertulis para agen dari klien-klien sebelumnya, termasuk kontak mereka. Dengan itu, Anda bisa menghubungi klien lama mereka dan bertanya hal-hal yang penting mengenai agen tersebut seperti: apakah agen tersebut bekerja dengan baik? Apakah cara memasarkan yang mereka gunakan efektif? Berapa lama properti tersebut berada di pasaran? Dan yang paling penting, akankah mereka menggunakan agen yang sama jika ada kesempatan selanjutnya?

5. Pilih yang Memiliki Keahlian di Pasar Lokal

Mencari agen yang mempunyai pengetahuan banyak adalah kunci karena setiap wilayah mempunyai tantangannya sendiri menyangkut sektor real estate. Agen properti yang ideal harus memiliki catatan yang terbukti untuk menjual properti di area lokal tersebut. Mereka harus mengetahui dengan benar faktor fasilitas yang ada di lokasi tersebut, kondisi lingkungan dan bahkan kebijakan pemerintah yang ada di daerah tersebut akan sangat mempengaruhi penjualan propertinya. Mereka mampu memberikan pengetahuan tentang pasar lokal lebih baik bahkan dari para penghuninya, dan karena ini lah mereka selalu mempunyai keuntungan yang bisa membantu Anda menjual properti Anda.

6. Hindari Menanyakan Soal Harga Jual

Meski banyak orang akan berfokus pada perkiraan harga jual, ada faktor lain yang lebih penting. Kemampuan agen bernegosiasi, adalah kunci untuk mendapatkan deal yang sebaik mungkin, tidak peduli harga awalnya. Pada akhirnya Anda harus mencari agen yang bisa Anda andalkan dan percayakan untuk memikirkan hal yang terbaik bagi Anda dalam proses penjualan ini.

Penulis: Feriawan Hidayat/FER

Sumber:PR, Lamudi

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me