Sewa Hunian Ekspatriat Bisa Naik Hingga 15%

Big Banner

Jakarta – Pemilihan umum, pemerintahan baru, serta kondisi ekonomi makro di Indonesia yang kondusif membuat para ekspatriat banyak bertahan untuk berinvestasi dan bermukim di Indonesia. Hal ini juga berdampak kepada pemilik tanah untuk menaikkan harga sewa rumah bagi ekspatriat di kisaran 10-15 persen pada tahun ini.

“Pemilik tanah masih bisa menaikkan harga sewa di antara US$300-400 dibandingkan harga pada 2014,” kata Associate Director Research Colliers International Indonesia Ferry Salanto, dalam acara Jakarta Property Market Reports, Jakarta, Selasa (13/1).

Ferry mengatakan, harga apartemen sewa untuk ekspatriat saat ini juga masih tinggi, apalagi dengan terbatasnya pasokan  di daerah yang diminati oleh para ekspatriat. Saat ini suplai proyek baru untuk ekspatriat ini ada dua proyek baru di Cilandak yang menyediakan tiga dan delapan unit, di Kemang ada empat unit baru. Spesifikasi rumah termasuk tanah bagi ekspatriat ini antara 500 meter persegi dengan 400-450 meter persegi luas bangunan dengan memiliki tiga hingga empat buah kamar tidur.

Sedangkan kawasan yang masih menjadi favorit dan primadona dari para ekspatriat ini adalah kawasan Jakarta Selatan, seperti Kebayoran baru, Kemang, Cilandak, Pondok Indah, Permata Hijau, dan Pejaten. Alasan para ekspatriat memilih area selatan Kota Jakarta sebagai tempat tinggalnya, lebih kepada faktor keamanan dan kenyamanan. Apalagi kawasan tersebut juga dekat dengan sekolah bertaraf internasional.

“Kami melihat lokasi Jakarta Selatan masih jadi primadona bagi ekspatriat, karena faktor kenyaman dan aman bagi keluarga dan akan memilih tempat yang tersedia sekolah internasional,” jelasnya.

Saat ini ekspatriat yang bekerja di Indonesia mulai bermunculan dari perusahaan manufaktur dan barang konsumsi. Sementara jumlah ekspatriat di Indonesia yang bekerja bidang minyak dan gas cenderung datar, bahkan menurun.

Hasil survei Colliers International Indonesia menunjukkan, kisaran harga sewa di kawasan Menteng Jakarta Pusat dengan luas 500-1500 meter per segi mencapai antara US$500-15.000. Kawasan Pondok Indah dan Kebayoran Baru Jakarta Selatan dengan empat atau lima kamar tidur harga sewa maksimal US$15.000. Sedangkan untuk wilayah Cilandak, Kemang, Cipete harga sewa pada kisaran US$7.000.

Investor Daily

Penulis: Imam Muzakir/NAD

Sumber:Investor Daily

beritasatu.com