Pemancangan Satu Juta Rumah Bisa Dibagi dalam Tiga Wilayah

Big Banner

PONTIANAK, KOMPAS.com – Program pembangunan sejuta rumah akan dimulai akhir April 2015. Dimulainya program tersebut ditandai kegiatan pemancangan atau ground breaking yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

Karena tersebar di seluruh Indonesia, menurut Ketua Umum DPP Realestate Indonesia (REI), Eddy Hussy, pemerintah akan kesulitan jika melaksanakannya di 33 provinsi.

“Kami sarankan pemerintah membagi 3 wilayah atau 3 regional. Tapi, yang menentukan tetap dari tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Bank BTN,” ujar Eddy saat berbincang dengan wartawan di Pondok Pengkang, Kecamatan Siantan, Kalimantan Barat, Ahad malam (22/3/2015).

Eddy mengatakan, saat kegiatan pemancangan, yang meliputi penandatangan regulasi pembangunan sejuta rumah, semua daerah pasti ingin ikut dilibatkan. Dengan membaginya menjadi tiga regional, pemerintah tidak perlu mengadakan pemancangan di 33 provinsi di Indonesia.

Usulan REI, tiga regional ini terbagi atas Sumatera sebagai regional pertama, Jawa dan Kalimantan sebagai regional kedua, serta daerah Indonesia Timur sebagai regional ketiga. Namun, hingga saat ini, pemerintah belum memutuskan apakah nantinya akan membagi ke dalam tiga regional tersebut.

Ground breaking ini proyek pemerintah. Tapi, kita tidak mungkin ke semua tempat. Maka akan dicari lokasi yang tepat. Jumlah rumahnya dan proyek siap. Daerah yang betul-betul memenuhi syarat langsung kerja. Ini yang belum diputuskan,” ucap Eddy.

Eddy menambahkan, REI mungkin bukan satu-satunya yang mengajukan pembagian daerah tersebut. Dia pun memberi kebebasan kepada pemerintah untuk menentukan teknis kegiatan pemancangan tersebut.

Menurut Eddy, masih ada beberapa tahapan yang dilakukan pemerintah, misalnya rapat-rapat dan koordinasi dengan pihak terkait seperti pemerintah daerah. Namun, daerah yang sudah pasti menjadi pusat kegiatan pemancangan adalah Jakarta dan sekitarnya.

Sebelumnya, pemerintah sendiri mengaku akan menggelar kegiatan pemancangan di 33 provinsi, caranya adalah dengan menggunakan telekonferensi yang disiarkan secara serempak.

properti.kompas.com