Mengecat Ruang Sempit Agar Tampak Lebih Luas

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Rumah urban di perkotaan pada umumnya berukuran kecil. Ini  untuk menyiasati harga tanah yang sangat mahal. Berkaitan dengan hal itu produsen pelapis warna Dulux (AkzoNobel) meluncurkan tren warna + Unseen Spaces untuk membuat kesan ruang di rumah menjadi lebih luas. Dengan menggunakan kekuatan transformasi warna sebuah ruang dapat memiliki efek tiga dimensi atau secara visual terlihat lebih besar.

Unseen Space

Unseen Space

Hal inilah yang ingin diwujudkan oleh ahli warna di AkzoNobel Global Aesthetic Centre. Berdasarkan rilis yang diterima housing-estate.com, di Jakarta, Rabu (25/3), + Unseen Spaces menggabungkan koleksi warna canggih untuk menciptakan perspektif baru bagi ruang yang selama ini tidak pernah digunakan atau tidak pernah diperhatikan.

Inspirasinya didasarkan pada tiga warna utama, yaitu blue grey, khaki, dan neutral pink yang masing-masing dilengkapi empat kombinasi. Perbedaan kekuatan setiap warna dapat digunakan secara bersamaan untuk menciptakan nuansa senada serta menghasilkan efek tiga dimensi untuk ilusi ruang terlihat lebih luas. Variasi warna berbeda juga dapat dikombinasikan untuk menciptakan harmonisasi warna dan menarik perhatian ke arah area yang selama ini terlupakan. Misalnya area bawah tangga, lorong sempit, selasar, atau lainnya. Berikut tips yang bisa Anda ikuti.

Perbanyak sumber cahaya:

  • Jika ruangan terasa kecil dan gelap, cat warna lebih terang di sekitar jendela.
  • Menggunakan warna turunan yang lebih terang akan membuat kesan ilusi jendela terlihat lebih besar.
  • Semakin banyak cahaya masuk maka ruangan akan terlihat semakin luas.

Langit-langit lebih tinggi:

  • Buat langit-langit yang lebih tinggi.
  • Untuk menghasilkan efek ini, cat ruangan dengan warna senada dengan dekorasi ruangan.
  • Cat lantai dengan tonal warna tergelap diikuti dengan warna netral di dinding serta warna paling terang pada langit-langit ruangan.

 

Sudut yang tak terlihat:

  • Memanfaatkan area yang tidak digunakan dengan memberi fokus pada area tersebut.
  • Gunakan nuansa warna berbeda untuk menonjolkan bagian arsitektur unik dalam rumah seperti bagian dinding yang selama ini mungkin tidak pernah diperhatikan.
  • Area yang selama ini tidak digunakan dapat menjadi dinding inspirasi, aplikasikan teknik-teknik mengecat yang sederhana.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me