Pemerintah Bahas Pemanfaatan Tanah Wakaf untuk Rusunawa

Big Banner

JAKARTA, jktproperty.com – Kementerian Agama melalui Ditjen Bimas Islam menjalin kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan memanfaatkan tanah wakaf untuk pembangunan rumah susun sederhana sewa (rusunawa).

Menurut Dirjen Bimas Islam Departemen Agama Machasin, pihaknya tengah menjalin kerjasama dalam pemanfataan tanah wakaf untuk pembangunan Rusunawa. “Saat ini kami tengah membahas dengan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat serta Pemprov terkait,” katanya.

Dia mengatakan sebagai pilot project, rencananya akan dibangun di lima lokasi yang diusulkan, yaitu dua di Jakarta, satu Banten, satu Jawa Timur, dan satu Jawa Barat. Lima lokasi yang diusulkan untuk dibangun rusunawa, yaitu Kecamatan Cakung (Jakarta Timur), Kecamatan Kembangan (Jakarta Barat), Kelurahan Sukorejo di Bojonegoro (Jawa Timur), Kecamatan Cilegon di Serang (Banten) dan Kecamatan Bojonggede di Bogor (Jawa Barat).

Dalam kerjasama ini nantinya Kementerian Agama hanya menyediakan tanah wakaf sesuai dengan lokasi yang telah disepakati dan sesuai persyaratan yang ada, misalnya minimal luasnya 4.000 m2.  “Kita menyediakan tanah wakaf yang sudah bersertifikat dengan nadhir (pengelola) yang jelas,” ujarnya. (EKA)

jktproperty.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me