Unik, Kantor Ini Mirip Permainan Candy Crush Saga

Big Banner

KOMPAS.com — Siapa yang tak mengenal aplikasi permainan populer Candy Crush Saga? Permainan besutan game developer King tersebut telah dimainkan oleh 365 juta pengguna di seluruh dunia setiap bulannya.

Selain karena uniknya permainan, tema karnaval yang diusung juga sangat menarik. Bahkan, tema Candy Crush Saga diadopsi oleh agensi desain asal Swedia, Adolfsson & Partners. Perusahaan ini telah menyulap kantor pengembang permainan interaktif di Stockholm, Swedia, tersebut dengan tema serupa.

Kantor yang dipisahkan oleh dua lantai dalam bangunan lawas berumur 75 tahun tersebut berlokasi di Sveavagen 44. Ruangan di dalamnya dibagi menjadi zona bertema pemandangan yang berbeda-beda, menggabungkan karakter dan desain permainan ciptaan King.

Tujuan Adolfsson & Partners adalah merancang lanskap kantor kreatif yang menimbulkan karakter King, sebuah tempat dengan kata “fun” dan “magic” sebagai semboyan dalam kerajaan.

“Kami menciptakan kantor berwarna-warni dan penuh energi dengan menampilkan sisi humor dan solusi intelek. Ini merupakan kantor yang merefleksikan apa yang dibuat dan dipercaya King,” ujar Adolfson & Partners.

Pengunjung yang datang ke kantor ini akan disambut oleh meja resepsionis berbentuk telur dengan warna putih. Meja resepsionis tersebut langsung mengarahkan pada daerah pertemuan berwarna.

Ruang terbesar dengan nama Pavilion Park didesain sebagai “ruangan pesta” untuk mengakomodasi semua pegawai perusahaan pada waktu bersamaan. Sebuah papan hijau menutupi dinding dan meja piknik terletak di tengah ruangan. Sementara tempat duduk melingkar dibangun di dalam struktur berbentuk komedi putar.

Ruangan kerja di tingkat yang lebih rendah dikategorikan menjadi daerah-daerah fleksibel dengan nama Magic Forest, Green Hills, Treasure Island, Countryside, dan Deep Sea. Ruang pertemuan sendiri didasarkan pada permainan King yang berbeda dengan tampilan karakter sebagai vinil di dinding kaca berwarna.

“King menggunakan metode kerja berbasis serum dan karenanya membutuhkan solusi fleksibel di ruang kerja ketika tim mengubah ukuran dan komposisi ruangan serta tempat-tempat pertemuan,” lanjut Adolfsson & Partners.

Partisi berlubang, unit furnitur yang dirancang khusus, dan aksesori kantor lainnya juga dibuat berwarna untuk mencocokkan lanskap ruangan. Sebuah tangga internal menghubungkan lantai atas dan bawah yang terletak di daerah komunal yang disebut Kingtown.

“Tema kantor ini adalah membuat kota dengan kehidupan luar, situs bangunan, dan seni jalanan. Sebuah tempat pertemuan untuk semua orang dan ruang untuk bermain, duduk-duduk di sofa, atau hanya bersantai di tempat tidur gantung raksasa,” tambah agensi tersebut.

Ruangan kantor dengan perencanaan lebih terbuka di area bernama Sandy Dunes, Mountain Tops, dan Wild Jungle dapat ditemukan di lantai atas dengan ukuran setengah dari luas lantai bawah. Area Sandy Dunes dilengkapi partisi berwarna gurun dan tanaman kaktus serta ruang relaksasi dilengkapi dudukan Banda bermotif dengan jahitan besar karya desainer Spanyol, Patricia Urquiola.

Di tempat lain, sebuah area lokakarya pertukangan memiliki dinding yang dilapisi dengan papan pasak berwarna kuning. Sementara perpustakaan yang dirancang untuk kegiatan yang tenang berwarna hijau tua. Ada juga ruang permainan dan ruang pinball untuk digunakan istirahat bagi karyawan.

“Menggunakan 200 permainan King sebagai inspirasi, kami menciptakan sebuah lingkungan di mana pegawainya dapat bekerja dan terinspirasi dalam dunia permainan. Kami tak membuat kantor, kami membuat kerajaan,” tandas Patricia.

properti.kompas.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me