Anda Penyewa Apartemen Pemula? Perhatikan Dulu 3 Hal Berikut

Big Banner

Tinggal sendiri menjadi pilihan Anda saat ini. Daripada mengontrak rumah, Anda lebih memprioritaskan untuk menyewa apartemen. Selain praktis, aman dan nyaman, apartemen juga terdapat di lokasi yang strategis sehingga memudahkan si penyewa untuk mencari kebutuhannya. Namun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk menyewa apartemen.

1. Menyiapkan bujet

Sudah jadi hal yang lumrah untuk menyiapkan bujet sebelum Anda membeli sesuatu, terutama yang menjadi kebutuhan. Demikian pula halnya ketika hendak menyewa apartemen. Langkah pertama tentu Anda harus menghitung pengeluaran bulanan dahulu baru Anda bisa tahu berapa besar sisa penghasilan Anda untuk menyewa apartemen. Setelah itu baru Anda bisa mencari apartemen yang sesuai dengan bujet dan lokasi yang diharapkan.

Jangan pernah lupa, bahwa ada biaya-biaya yang harus Anda keluarkan ketika pindah ke apartemen. Misalnya, biaya tanda jadi untuk apartemen, uang jaminan dengan sewa satu bulan pertama, biaya listrik, gas, tv kabel, telepon, hewan peliharaan jika punya, parkir, keamanan, dan jangan lupakan biaya perabotan baru Anda. Lebih bagus lagi jika Anda menyewa apartemen yang sudah full furnish atau tersedia perabotan di dalamnya. Bila ditotal mungkin biayanya mencapai Rp 40 jutaan ke atas.

2. Mengecek kondisi apartemen

Sebelum membeli apartemen pastikan Anda mengecek dengan benar ukuran apartemen. Langkah ini diperlukan agar perabotan yang Anda beli bisa muat dimasukkan melalui pintu apartemen. Lalu, Anda juga bisa melihat seberapa luas apartemen yang akan dihuni nantinya agar ketika sudah membeli perabotan tidak sia-sia. Pastikan juga semua fasilitas yang terdapat di dalam apartemen berfungsi secara maksimal, misalnya lampu kamar, flush toilet, air, dan lainnya.

Anda juga perlu mengecek keadaan lahan parkir apakah cukup aman untuk meninggalkan kendaraan di situ. Lalu apa lorong apartemennya terang dan bersih, serta yang terpenting apa kamar yang akan dihuni mampu menerima sinyal telepon. Jika semua sudah tersedia dengan baik dan layak maka tidak ada salahnya menyewa apartemen tersebut.

3. Catat semua prioritas

Pindah ke apartemen berarti Anda harus menyiapkan beberapa kebutuhan. Tulis daftar kebutuhan yang harus diprioritaskan saat pindah supaya lebih tertata dan tidak menyesal di kemudian hari. Prioritas ini bukan hanya berlaku bagi barang-barang kebutuhan saja, melainkan perhitungan biaya yang akan dihabiskan menuju tempat kerja dari apartemen. Jangan sampai ketika pindah justru biaya ongkos makin membesar, dan membuat Anda semakin boros. Toh, salah satu tujuan Anda pindah untuk memudahkan ke tempat kerja, bukan?

Pindah ke apartemen sejatinya membuat hidup Anda lebih praktis. Untuk itu, biayanya jauh lebih besar daripada mengontrak rumah. Oleh karena itu, jangan terburu-buru menyewa apartemen jika Anda belum siap. Jangan karena sekadar ikut-ikutan tren saja.  (Foto: Istimewa)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me