3 Alasan, Rumah Tidak Perlu Selalu Rapi!

Big Banner

Rumah yang bersih pastilah dambaan bagi setiap penghuninya. Kebersihan serta kerapihan rumah tentunya membuat rasa nyaman dan baik untuk kesehatan. Di sisi lain, Anda tidak perlu merasa malu dengan kondisi rumah yang berantakan bila kedatangan tamu secara mendadak.

Namun, ada beberapa hal yang membuat suasana rumah menjadi lebih hangat apabila tidak melulu dengan keadaan rapi. Sedikit ‘berantakan’ ternyata dapat mempererat hubungan Anda dan keluarga. Berikut ini beberapa alasan agar Anda membiarkan rumah dengan keadaan sedikit berantakan seperti yang dilansir dari huffingtonpost.com.

1. Tidak memberi batasan pada anggota keluarga

Rumah yang di set selalu rapi kadang berdampak penghuninya takut untuk melakukan kegiatan secara bebas. Ingin melakukan masak bersama tetapi takut dapur akan jauh lebih berantakan, anak ingin bermain perang bantal tetapi takut dimarahi, dan lain sebagainya. Hal ini secara tidak langsung membuat penghuni menjadi tidak nyaman dengan rumahnya sendiri. Ingatkah pada sebuah moto yang berbunyi “bila tidak kotor, maka tidak belajar” ? Anda dapat membuat rumah menjadi berantakan untuk menikmati banyak kegiatan dengan keluarga tanpa ada perasaan takut dimarahi.

2. Membersihkan rumah bersama

Setelah melakukan banyak kegiatan yang mengasyikan, Anda dan anggota keluarga lainnya dapat membangun kebersamaan dengan besama-sama membersihkan rumah kembali. Rumah yang selalu tertata rapi tidak memerlukan banyak tenaga untuk membersihkannya, sehingga membuat anggota keluarga lainnya menjadi pasif.

3. Menghindari pertengkaran yang tak perlu

Seringkali sahabat-sahabat kami yang sudah menikah bercerita bahwa setelah menikah, baju kotor di atas lantai bisa jadi sumber pertengkaran, lupa tidak mengembalikan benda-benda ke tempatnya juga bisa berbuntut panjang. Maka terkadang, benda-benda yang agak berantakan bisa menyelamatkan banyak pasangan dari pertengkaran. Jika ada baju tercecer di lantai, ambillah dan langsung letakkan di bak cucian. Ada banyak pertengkaran yang bisa dihindari saat Anda tidak terlalu tinggi menerapkan standar rapi.

Meski kerapian dan kebersihan merupakan poin penting dalam rumah, berilah sedikit kebebasan bagi Anda dan keluarga untuk berkreasi bersama sesuatu yang ‘liar’ dan berantakan. Momen kebersamaan keluarga tentunya jauh lebih penting bukan?

Foto: Istimewa

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me