Benarkah, Mulai 1 April Penumpang KA Commuter Line Tidak Berdesakan Lagi?

Big Banner

Anda kaum komuter yang jadi pelanggan setia kereta api, mungkin sudah terbiasa berdesakan di dalam gerbong kereta api commuter line, terutama pada saat sibuk menjelang jam kantor dan usai jam kantor. Hampir di semua poros rute kereta api, baik Bekasi, Bogor, Serpong dan Tangerang, semua menyajikan pemandangan yang sama. Alih-alih kenyamanan yang diperoleh dalam ruang berpendingin udara, tak jarang penumpang keringatan di dalam kereta ber-AC itu.

Menyadari terus meningkatnya pengguna jasa angkutan kereta api ini, PT KAI Commuter Jabodetabek mulai 1 April besok, akan menambah frekwensi perjalanan. Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhil di Jakarta pekan ini mengatakan, mulai tanggal tersebut, jumlah perjalanan KA commuter line akan menjadi 872 perjalanan per hari atau terjadi penambahan 115 perjalanan per hari dibanding sebelumnya.

Penambahan ini akan di berlakukan pada semua koridor, lebih khusus lagi pada jam-jam sibuk untuk mengatasi ledakan penumpang. Misalnya untuk koridor Bogor yang sebelumnya ada 357 perjalanan setiap hari, bertambah menjadi 391 perjalanan. Terjadi penambahan jumlah perjalanan sebanyak 34 kali. Koridor Bekasi pun bertambah dari 126 kali menjadi 153 kali. Lintas Serpong, Parung Panjang, dan Maja dari 118 menjadi 148 perjalanan. Dan lintas Tangerang dari 74 menjadi 88 perjalanan.

PT KCJ sebagai pemilik dan operator commuter line berharap, penambahan ini akan meningkatkan kenyamanan pengguna jasa transportasi murah dan massal ini agar tidak berdesakan lagi. Tak hanya itu, dengan penambahan tersebut, mereka berharap bisa mendapatkan lagi lebih banyak penumpang. Target mereka, jumlah penumpang KRL tahun ini bisa mencapai 800.000 orang.

Foto: Istimewa

rumah123.com