Pasar Properti Seken Lebih Menantang

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pasar properti selama ini didominasi oleh produk-produk properti yang dipasarkan langsung oleh pengembang, baik melalui agen maupun inohuse marketing. Padahal selain properti yang dipasarkan pengembang ada juga properti bekas (secondary) yang terkadang menawarkan beberapa kelebihan.

Tony Eddy

Tony Eddy

“Secondary market di sini belum terjamah dengan baik padahal ini lebih prospektif dibandingkan barang baru. Secondary barangnya sudah jadi, sertifikat jelas, dia juga lebih tahan terhadap inflasi. Kalau barang baru itu harganya setiap minggu dinaikkan sama developernya, sertifikat belum jadi, keuntungannya juga nggak sebesar secondary,” ujar Tony Eddy, President Director Keller Williams Indonesia, kepada housing-estate.com saat peluncuran buku The Millionaire Real Estate Agent di Jakarta, Selasa (31/3).

Pasar secondary disebut Tony lebih bisa bertahan di tengah kondisi pasar properti yang tengah menurun di tahun 2014 dan masih terasa efeknya hingga saat ini. Hanya saja untuk membuat pasar secondary menjadi raja dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan dari para agen atau broker properti.

“Karena itu kami di Keller Williams lebih menekankan dan fokus pada pelatihan maupun edukasi bagi seluruh agen sehingga mereka memiliki skill dan teredukasi dengan baik untuk bisa memasarkan propertinya. Penekanannya bukan pada komisi tapi bagaimana untuk tumbuh dan berkembang bersama,” tandarnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me