DKI Targetkan 50 Ha RTH Per Tahun

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membuat 29 taman baru untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta. Ke-29 taman baru ini akan menambah RTH di Jakarta sekitar 10 ha dan lahannya sendiri sudah dibebaskan sejak tahun 2014 dengan anggaran pembangunan mencapai Rp56,6 miliar.

Ruang Terbuka Hijau (RTH)

Ruang Terbuka Hijau (RTH)

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Nandar Sunandar mengatakan, pembangunan taman ini akan segera dilakukan begitu anggaran APBD cair. “Ini bisa cepat karena lahannya sudah clear jadi bisa langsung ditata. 29 taman baru ini tersebar di lima wilayah Jakarta dengan ukuran 2.000-5.000 m2 per taman,” ujarnya di Balaikota, Rabu (1/4).

Pemprov juga sudah merencanakan akan menambah luasan RTH mencapai 50 ha per tahun. Sebanyak 40 ha untuk taman dan jalur hijau sementara 10 ha untuk RTH dan pemakaman umum. Selama ini target tidak pernah tercapai karena masalah pembebasan lahan, untuk itu Nandar berharap masyarakat dan kalangan swasta dapat ikut berperan aktif mewujudkan RTH di Jakarta.

“Untuk yang siap dibangun tahun ini secara prinsip sudah oke tapi untuk anggarannya masih dibahas di Kementerian Dalam Negeri. Yang bagus juga kalau kalangan masyarakat maupun swasta bisa ikut membangun sehingga tidak membebani APBD dan ada rasa memiliki yang tinggi terhadap taman,” imbuhnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me