Groundbreaking untuk Program 1 Juta Rumah Ditarget 30 April

Big Banner
Program 1 juta rumahProgram 1 juta rumah

Propertinet.com – Pemerintah merencanakan peletakan batu pertama (groundbreaking) program satu juta rumah di seluruh Indonesia oleh presiden menjelang May Day, atau 30 April 2015.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah menargetkan mempercepat program pengadaan rumah bagi masyarakat tersebut dengan groundbreaking di awal triwulan II tahun ini.

“Grounbreaking direncanakan jelang May Day, oleh Presiden Joko Widodo,” katanya di Padang.

Menurutnya, satu juta rumah dibagi dalam dua kelompok, a.l 600.000 unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah dan 400.000 unit rumah untuk masyarakat kelas menengah ke atas.

Kemudahan program itu adalah uang muka diturunkan menjadi hanya 1%. Lalu ada subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau sekitar Rp4 juta.

“Untuk KPR, nanti diturunkan dari 7,5% menjadi hanya 5%, tujuannya agar angsurang lebih terjangkau,” ujarnya.

Basuki mengungkapkan peletakan batu pertama untuk program tersebut dilaksanakan pada 30 April yang dipusatkan di Jawa Tengah dan Tangerang. Untuk tahap awal itu, groundbreaking ditargetkan sekitar 230.000 unit.

Pemerintah mengalokasikan anggaran Rp8,4 triliun tahun ini melalui APBN. Selain itu, juga dari KPR Rp5,1 triliun, BPJS Rp2,5 triliun, Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (BapertarumPNS) Rp3 triliun dan Perumnas Rp1 triliun.

propertinet.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me