Senior Living, Rumah Tetirah Untuk Orang Jompo

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Rumah orang jompo tidak identik dengan kondisi lusuh, jorok, dan apa adanya. Di D’Khayangan, Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, keadaannya justru sebaliknya. D’Khayangan yang dibangun khusus untuk orang-orang jompo atau tua dirancang ekslusif dan nyaman. Lingkungannya yang sudah ditanami pepohonan dalam beberapa bulan atau satu dua tahun mendatang bakal hijau dan rindang. Tamannya cukup luas dengan tanaman dan rerumputan hijau.

Senior Living D'Khayangan Jababeka

Senior Living D’Khayangan Jababeka

D’Khayangan yang lokasinya dekat Stadium Jajabeka  mencakup bangunan vila dan apartemen. Di sini akan dibangun lebih dari 50 uit vila dan tujuh lowrise apartment. “Apartemennya setinggi empat lantai berisi 10 kamar,” ujar Suteja Sidarta Darmono, Direktur PT Jababeka Tbk, pengembang D’Khayangan kepada housing-estate.com akhir pekan lalu di Bekasi.

Saat ini sudah terbangun empat vila dan satu menara apartemen. D’Khayangan disediakan untuk orang jompo dengan sistem member, tidak dijual. Para jompo bisa memilih tinggal di vila atau apartemen dengan biaya berbeda. Apartemennya sudah terlihat ada yang menempati.

Apartemen terdiri tipe 43 dan 86 meter persegi. Pengelola menyediakan paket lifetime non-refundable dan lifetime-refundable. Paket lifetime non-refundable tipe 43 biayanya Rp676,8 juta, sedangkan tipe 86 Rp1,23 miliar. Paket ini berlaku seumur hidup dan uang yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik apabila member meninggal. Untuk paket refundable bila member meninggal ahli warisnya berhak 50 persen dari transaksi.

Paket refundable, tipe 43 Rp846,1 juta, dan tipe 86 Rp1,54 miliar. Member juga bisa memilih paket tahunan (annually) atau bulanan. Tipe 43 bulanannya Rp19,5 juta atau Rp209,9 juta per tahun. Biaya tinggal di vila lebih mahal. Vila tipe 65 m2 biayanya Rp37,3 juta/bulan atau Rp402,8 juta/tahun.

Biaya tersebut belum termasuk biaya penggunaan fasilitas dan layanan hidup (makan/minum dan kegiatan harian). Besarnya biaya  tambahan ini Rp12 – 18 juta per bulan/orang.

D’Khayangan akan dikelola Long Life City Holding yang berpengalaman puluhan tahun dalam pelayanan senior living di Jepang. Suteja mengatakan, senior living di D’Khayangan tidak bakal bete. Di sana mereka diberi beragam aktifitas, misalnya yoga, taici, indoor bowling, golf, melukis, menari, berkebun, dll. “Fasilitasnya ada resto, spa, massage, terapi, salon, dan ada beberapa lainnya,” imbuhnya.

housing-estate.com