Pemprov DKI Cari Lahan untuk Bangun Rusun

Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berupaya mencari lahan sebanyak-banyaknya untuk dibangun pasar tradisional yang terintegrasi dengan rumah susun."Kami memang ingin memperbanyak rusun ...

  • propertidata
  • 2016.09.13
  • 224

    view

  • Pemprov DKI Cari Lahan untuk Bangun Rusun

    Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berupaya mencari lahan sebanyak-banyaknya untuk dibangun pasar tradisional yang terintegrasi dengan rumah susun.

    "Kami memang ingin memperbanyak rusun yang terintegrasi dengan pasar. Makanya, kami cari lahan terus," kata Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama, dalam acara Peresmian Pasar Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (13/9).

    Menurut dia, salah satu cara yang telah dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta, yakni memberikan tawaran kepada sejumlah warga yang memiliki lahan agar segera menjualnya kepada Pemprov DKI.

    Selain itu, kata Ahok, pihaknya juga berencana menyita lahan sengketa yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan warga seperti pembangunan taman, pasar atau tempat berjualan bagi pedagang kaki lima (PKL).

    "Jadi, kalau misalnya ada tanah yang sengketa, pasti akan kami sita, kemudian kami manfaatkan untuk sementara. Nanti kalau pengadilan sudah mengetahui siapa pemilik tanah tersebut, pasti akan kami kembalikan ke pemiliknya," ujar Basuki.

    Ahok menuturkan, pembangunan rusun yang terintegrasi dengan pasar tradisional tersebut dimaksudkan agar penghuni rusun dapat berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari dengan mudah.

    Mantan Bupati Belitung Timur itu mengungkapkan, dengan adanya pasar tradisional, maka dapat mendorong para pedagang kaki lima untuk naik level dan maju dalam menjalankan usahanya.

    "Intinya, kami ingin manfaatkan semua lahan kosong yang ada di Jakarta, jangan dibiarkan kosong terbengkalai. Termasuk kami ingin manfaatkan sebagai pasar tradisional supaya PKL punya tempat jualan yang lebih baik," ungkap Basuki.

    /FER

    ANTARA

    beritasatu.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci