Arnava Land Mark, Hotel di Babel yang Rampung Akhir 2018

Foto: Kompas.comProvinsi Bangka Belitung (Babel) semakin berkembang maju. Sejak kesohor lewat film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel laris Andrea Hirata, kawasan ini banjir kunjungan wisata.Demi ...

  • propertidata
  • 2016.09.13
  • 202

    view

  • Arnava Land Mark, Hotel di Babel yang Rampung Akhir 2018

    Foto: Kompas.com

    Provinsi Bangka Belitung (Babel) semakin berkembang maju. Sejak kesohor lewat film Laskar Pelangi yang diangkat dari novel laris Andrea Hirata, kawasan ini banjir kunjungan wisata.

    Demi mengakomodasi wisatawan yang terus meningkat dari tahun ke tahun, banyak hotel dan proyek properti dibangun. Yang terbaru adalah proyek properti multifungsi (mixed use development) Arnava Land Mark yang dikembangkan oleh PT Kodal Jaya Semarang.

    Bekerja sama dengan Adonara Hotel Group, proyek yang diklaim sebagai mixed use pertama di Babel ini mencakup Boutique Hotel 100 kamar, 1 menara apartemen 100 unit, dan 1 menara kondotel 100 unit. Proyek properti ini menempati area seluas 3 hektar dan dilengkapi dengan mal gaya hidup atau life style mall bernuangsa resor.

    Presiden Direktur PT Kodel Jaya Semarang, Agus Esra, menjelaskan, ekspansinya ke Provinsi Babel dilatarbelakangi potensi bisnis perhotelan di wilayah ini, yang didukung kekayaan alam berupa pantai dengan pemandangan indah.

    "Hal ini terlihat dari tingkat kunjungan wisatawan dan okupansi hotel yang terus tumbuh," ujar Agus seperti dikutip dari Kompas.com.

    Baca juga: Agar KPR Rumah Seken Bisa Disetujui Bank, Cermati 3 Hal Ini!

    Alasan Agus tersebut dikuatkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Babel yang menunjukkan jumlah tamu yang menginap di hotel berbintang bulan Juli 2016 tercatat sebanyak 27.159 orang.

    Jumlah tersebut melonjak tajam sebesar 47,72 persen dibandingkan dengan pencapaian bulan sebelumnya sebanyak 18.385 orang.

    Kenaikan tidak hanya terjadi pada tamu domestik, melainkan juga turis asing. Jumlah tamu asing tercatat meroket 70,08 persen menjadi 171 orang. Sedangkan tamu domestik naik signifikan 47,42 persen menjadi sebanyak 8.603 orang.

    Catatan pertumbuhan tamu menginap ini berdampak positif terhadap kinerja Tingkat Penghunian Kamar (TPK). TPK Babel selama Juli menunjukkan angka 38,62 persen atau meningkat 6,39 persen dari bulan sebelumnya 32,23 persen dengan rerata lama menginap (length of stay) 1,69 hari.

    TPK hotel berbintang tertinggi tercatat diraih Kabupaten Belitung 54,02 persen, diikuti Kabupaten Bangka Tengah 39,39 persen, dan Kota Pangkalpinang 32,40 persen.

    Presiden Direktur Adonara Hotel Group Ruben Amor menambahkan, Arnava Land Mark diproyeksikan sebagai ikon Babel yang dapat menunjang sektor industri pariwisata. Pembangunan proyek akan dimulai pada semester pertama 2017 dan rampung pada akhir 2018.

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci