Tindak Tegas Pengembang Nakal yang Rugikan Konsumen

Big Banner

Guru Besar Arsitektur Universitas Indonesia Prof. Ir. Gunawan Tjahjono, menghimbau kepada pemerintah untuk bisa menindak tegas setiap pengembang properti nakal yang kerap merugikan konsumen. Gunawan mengatakan, selama ini banyak konsumen yang  merasa tertipu dengan janji-janji yang diutarakan oleh pengembang nakal yang ternyata tidak diiringi dengan kenyataan di lapangan.     

“Pemerintah harus tegas menindak pengembang nakal, karena banyak konsumen yang masuk jebakan saat bertransaksi. Misalnya, pengembang apartemen menjanjikan akan ada kolam renang, parkir luas dan lain-lain, setelah bayar, fasilitas itu ternyata fiktif,” ujar Gunawan kepada Rumahku.com

Selain kerap memberikan harapan palsu, Gunawan juga mengatakan, banyak pengembang apartemen kelas menengah ke bawah yang mengabaikan kesehatan dan keamanan pelanggannya. 

“Misalnya kamar mandinya kurang baik karena tidak ada sinar matahari sehingga penyakit mudah menular. Ada pula apartemen dengan empat lift yang melayani ribuan penghuni. Bayangkan kalau ada bencana alam dan ribuan orang itu turun, lalu rebutan, apa yang terjadi?” jelasnya.            

Tidak hanya itu, Gunawan juga mengatakan banyak pengembang gedung yang lalai menyediakan fasilitas keselamatan bagi pelanggan. Ia mencontohkan kasus terendamnya gedung UOB di Jalan MH Thamrin yang memakan korban jiwa tahun 2013 lalu, menurutnya hal ini bisa terjadi karena desain dari gedung tersebut tidak dilengkapi dengan sistem keselamatan yang baik.  

 

rumahku.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me