Kaleng Cat Bekas Jadi Furnitur Menarik, Kok Bisa?

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockSelama 4 hari (8-11 September 2016) berlangsungnya Jakarta Property Week (JPW) 2016, di Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta Selatan, sebanyak 120 exhibitor mengisi ...

  • propertidata
  • 2016.09.13
  • 194

    view

  • Kaleng Cat Bekas Jadi Furnitur Menarik, Kok Bisa?



    Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStockSelama 4 hari (8-11 September 2016) berlangsungnya Jakarta Property Week (JPW) 2016, di Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta Selatan, sebanyak 120 exhibitor mengisi tenan-tenan yang disediakan.

    Beragam tawaran properti, mulai dari rumah tapak, apartemen, kondotel, rumah dan apartemen seken, dan furnitur ditawarkan. Harganya pun variatif. Tetapi, dari sekian tenan ada satu yang menyita perhatian pengunjung. yakni Recycle dari Cilegon.

    Tenan ini menawarkan satu set meja dan kursi berbahan utama kaleng cat berukuran sedang dan besar. Perajin kreatif furnitur ini, Sumino, memaparkan awal mendapatkan ide tersebut.

    "Saya baru mulai usaha ini lima bulan lalu. Awalnya saya jualan bonsai saja. Terus jalan-jalan ke lapak penjualan barang-barang bekas. Saya lihat ada kaleng cat. Terus saya coba buat sesuatu. Malah bisa dibuat meja dan tempat duduk," katanya pada rumah123.com.

    Selama ekspo berlangsung, satu set furnitur hasil kreativitasnya dijual dengan harga terjangkau. Bahkan, menurut pengunjung dianggap begitu murah.

    "Kalau kalengnya yang motif gitu kursi untuk empat orang dan mejanya saya jual Rp750 ribu. Kalau motif polos Rp650 ribu satu set," katanya menjelaskan.

    Baca juga: Kain Bekas Bisa Bikin Furnitur Keren, Gimana Caranya?

    Proses pembuatannya juga tak memakan waktu lama, hanya 5 jam. Tapi, proses pengecatan membutuhkan waktu satu hari. Kerajinan furnitur kreatif itu dibuat oleh 4 orang anggota.

    "Saya sama tim bisa kerjakannya cuma Sabtu dan Minggu. Soalnya, Senin sampai Jumatnya kita pada kerja," katanya.

    Meja yang dibuat untuk 4 orang berukuran diameter 84 cm, sedangkan untuk dua orang, setengah dari itu. Meski baru memulai 5 bulan, hasil karya dari Cilegon ini sudah digunakan pada beberapa kafe. Bahan alas duduk yang digunakan menggunakan bahan kayu mahoni.

    "Di Serang sudah ada yang pakai karya kita. Tadi, sisa beberapa saja lagi ini yang tersisa. Banyak yang terjual," ujarnya senang. (Wit)

    rumah123.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci