Hadapi MEA, REI Batam Sertifikasi Kompetensi Pengembang

Big Banner

Batam – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Khusus Batam Kepulauan Riau, akan menyertifikasi kompetensi seluruh pengembang yang beroperasi di kota itu dalam menghadapi pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang dimulai akhir Desember 2015.

“Kami akan menyertifikasi semua pengembang. Ini untuk memastikan kesiapan pengembang menghadapi MEA,” kata Ketua DPD REI Khusus Batam, Djaja Roeslim di Batam, Rabu (15/4).

Sertifikasi kompetensi itu, kata dia, untuk memastikan pengembang menggunakan bahan-bahan properti yang memenuhi syarat, sekaligus membangun dengan cara yang tepat.

Menurut dia, dalam menghadapi MEA, pengembang harus lebih profesional dalam membangun properti, agar tidak kalah dengan pengembang negara ASEAN lainnya.

Sebenarnya, program sertifikasi kompetensi itu adalah program REI Pusat, namun, DPD REI Batam berharap agar sertifikasi didulukan di Batam.

“Kami meminta izin khusus didulukan, karena berada di teras terdepan, jadi Batam duluan sertifikasi kompetensi pengembang,” kata dia.

Ia mengatakan lokasi Batam yang strategis, dekat dengan Malaysia dan Singapura menjadikan kota itu memiliki peluang sekaligus tantangan dalam pelaksanaan MEA.

Segala tantangan harus dijawab dengan persiapan yang baik agar bisa menjadi peluang.

Selain tantangan sertifikasi kompetensi, REI juga diharapkan pada masalah lahan, dengan sertifikat HPL.

Di lain sisi, keunggulan Batam adalah pelaksanaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dengan segala insentif bebas pajak.

“Selain itu SDM Indonesia lebih murah,” kata dia.

Di tempat yang sama, Ketua DPP REI Eddy Hussi mengatakan sertifikasi kompetensi pengembang merupakan tantangan dalam pelaksanaan MEA.

“Kami siap memberikan sertifikasi kepada seluruh pengembang,” kata dia.

Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo mengatakan pelaksanaan MEA akan berdampak langsung pada Batam. Ua percaya pelaksanaan MEA mampu memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi.

/FER

Antara

beritasatu.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me