INTERIOR RUMAH: 6 Macam Pelapis Lantai Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Tegel dan keramik merupakan jenis pelapis lantai yang sangat umum digunakan pada rumah-rumah di Indonesia. Seiring berkembangnya desain interior, ternyata makin banyak bermunculan ragam pelapis lantai ...

  • propertidata
  • 2016.09.14
  • 611

    view

  • INTERIOR RUMAH: 6 Macam Pelapis Lantai Rumah yang Perlu Anda Ketahui

    Tegel dan keramik merupakan jenis pelapis lantai yang sangat umum digunakan pada rumah-rumah di Indonesia. Seiring berkembangnya desain interior, ternyata makin banyak bermunculan ragam pelapis lantai lainnya yang semakin menunjang tampilan interior. Ingin tahu lebih banyak? Ini dia ulasannya.

    1.Lantai Keramik
    Setelah lantai tegel, keramik makin populer digunakan sebagai material pelapis lantai karena permukaannya yang adem. Biasanya keramik yang digunakan memiliki warna putih polos. Namun ada juga yang bermotif dan berwarna lain.

    Tidak hanya untuk interior rumah, keramik juga bisa digunakan untuk eksterior seperti garasi dan juga taman. Tentunya tiap material permukaannya berbeda. Untuk interior digunakan yang halus, sementara bagian luar rumah teksturnya lebih kasar.

    2.Lantai Plester
    Sebenarnya lantai plester juga sudah sangat lazim digunakan pada rumah-rumah tradisional. Setelah digantikan oleh tegel dan keramik, lantai plester kini kembali digemari karena menghadirkan tampilan yang memukau.

    Pengaplikasiannya sangat mudah dan relatif murah sebab material yang digunakan sangat sederhana, semen dan pasir saja. Lantai plester digosok sedemikan rupa hingga sangat halus dan mengilap. Hasil yang ditampilkan sangatlah elegan.

    3.Lantai Kayu
    Ada dua jenis lantai kayu yang sering digunakan untuk rumah-rumah yaitu parket dan laminasi. Parket terbuat dari kayu solid asli dan diaplikasikan seperti memazan puzzle pada permukaan lantai rumah. Sementara itu, jenis laminasi terbuat dari kayu olahan yang permukaannya adalah hasil printing.

    Kedua jenis lantai tersebut tentu berbeda. Lantai laminasi biasanya sangat diminati orang karena hasil akhir yang nampak seperti kayu asli namun harganya relatif lebih terjangkau.

    4.Lantai Karpet
    Rumah-rumah di Indonesia cukup jarang mengaplikasikan lantai jenis ini karena perawatannya cukup sulit. Walau begitu, menggunakan pelapis lantai dari karpet dapat membuat ruangan rumah menjadi nyaman dan hangat lho! Selain itu, Anda yang memiliki anak tidak akan khawatir jika buah hati akan terbentur lantai yang keras.

    5. Lantai Vinyl
    Vinyl merupakan solusi murah bagi Anda yang menginginkan nuansa berbeda di rumah dengan instan. Lantai ini diaplikasikan dengan cara ditempel pada lantai, layaknya stiker. Hebarnya lagi, material vinyl sangat kuat, tahan api dan juga air, sehingga banyak digunakan oleh orang.

    6. Lantai Marmer
    Lantai marmer memiliki daya tahan yang sangat kuat dan juga kemampuan untuk menyejukkan ruangan. Tampilannya pun sangat elegan dengan warna yang khas serta motif dan corak beragam.

    Selain marmer, granit jusa memiliki nuansa yang sama namun lebih menarik lagi. Warnanya lebih gelap sehingga menimbulkan tampilan yang misterius sekaligus mewah.

    Kedua material pelapis lantai ini memiliki harga yang relatif lebih mahal dari lainnya. Hal itu karena keduanya berasal dari bebatuan alam yang diproses sedemikian rupa sehingga tampilannya menjadi berkilat dan cantik.

    Apa pun material yang akan Anda pilih, jangan lupa bahwa pelapis lantai haruslah bersifat aman, kuat, awet, tahan lembap, dan mudah dibersihkan. Selamat memilih.

    properti.bisnis.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci