Orang Kaya Indonesia Borong Properti di Singapura

Bisnis.com, JAKARTA -- Di tengah keterpurukan pasar properti Singapura, permintaan properti mewah tiba-tiba melonjak dari kalangan yang tidak diduga, yakni orang kaya Indonesia.Dilansir dari Bloomberg, ...

  • propertidata
  • 2016.09.14
  • 167

    view

  • Orang Kaya Indonesia Borong Properti di Singapura

    Bisnis.com, JAKARTA -- Di tengah keterpurukan pasar properti Singapura, permintaan properti mewah tiba-tiba melonjak dari kalangan yang tidak diduga, yakni orang kaya Indonesia.

    Dilansir dari Bloomberg, Selasa (13/9/2016), hingga Agustus 2016, nilai penjualan properti mewah dari warga negara Indonesia (WNI) mencapai SGD5 juta atau sekitar Rp48 miliar, hampir empat kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu. Angka tersebut dikutip dari Urban Redevelopment Authority (URA) dan terbilang kecil karena pengungkapan asal negara tidak diwajibkan.

    Di sisi lain, menurut data Cushman & Wakefield, selama semester pertama tahun ini, orang Indonesia membeli 189 properti di Singapura, naik 23% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.  Transaksi pembelian properti oleh WNI naik 19% sedangkan transaksi dari warga negara China dan Malaysia turun selama kaurtal II/2016.

    Peningkatan permintaan hunian mewah oleh WNI bertepatan dengan kebijakan amnesti pajak. "Kami melihat peningkatan sebuah peningkatan besar, orang Indonesia membeli properti yang paling mahal," ujar Ang Kok Leong, agen senior di SLP Realty Pte.

    Sebagai gambaran, pembeli dari Indonesia merupakan yang paling banyak membeli OUE Twin Peaks Tower yang diluncurkan Juli 2016 lalu. Harga unit yang paling rumah di proyek itu mencapai SGD1,5 juta atau Rp9,69 miliar.

    Ang menyebut, langkah Singapura untuk membagi informasi keuangan dengan Indonesia menjadi perhatian para klien dari Indonesia. Kedua negara ini memang tengah mengadopsi pelaporan pajak yang memungkinkan masing-masing negara negara mengetahui aset-aset wajib pajak di luar negeri. 

    properti.bisnis.com

    Kalau kamu suka artikel ini, ayo klik Suka!

    Menyajikan berita infotainment setiap hari

    Beritahu artikel ini pada teman
    • Tweet
    • Share

    Artikel pada kategori yang sama

    Artikel terkait

    Kata Kunci Terkait

    Cari artikel rangkuman dari kata kunci